Tuesday, May 8, 2018

Kegiatan PKB yang Rutin Setiap Tahun, Berikut Daftarnya


         Menurut Undang-undang Nomor 14 tentang guru dan Dosen, guru merupakan sebuah profesi yang dituntut memiliki kualifikasi pendidikan minimal sarjana dan mempunyai empat kompetensi, yaitu Pedagogik, pribadi, profesional, dan sosial. Untuk menunjang keempat kompetensi tersebut, maka pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
PKB harus dilakukan oleh semua guru, baik PNS ataupun Non-PNS, karena PKB tidak hanya bicara tentang angka kredit, tapi jauh dibalik itu terkandung tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan atau memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Untuk itu, hendaknya guru melaksanakan PKB sebagai sebuah kebiasaan, sehingga suatu saat akan menjadi sebuah budaya.
Berbagai cara dapat kita lakukan untuk mengembangkan kompetensi kita sebagai seorang guru, seperti melaksanakan penelitian tindakan kelas, mengembangkan media pembelajaran, menulis buku, mengikuti diklat, dan lain-lain.
Untuk melaksanakan PKB, guru harus mempunyai inisiatif dan aktif mencari informasi. Karena banyak ada kegiatan dari pemerintah yang dapat diikuti. Sebagian besar kegiatan yang dilaksanakan Dirjen GTK, melalui beberapa badan di bawahnya, seperti kesharlindung Dikdas dan seluruh PPPPTK adalah gratis dan mendapatkan akomodasi serta uang saku. Tentu tidak mudah untuk dapat lolos dan mendapatkan pelatihan gratis tersebut. Namun yang terpenting adalah kemauan. Mau belajar, mau berbagi, dan mau kerja keras.
Berdasarkan beberapa pengalaman kegiatan yang telah saya ikuti bersama teman-teman dari Bali, maka ada beberapa kegiatan yang biasanya rutin dilaksanakan setiap tahunnya.


Tabel Kegiatan PKB Rutin Setiap Tahun
No.
Nama Kegiatan
Penyelenggara
Syarat Peserta
waktu
Keterangan
1.
Sayembara Bahan Ajar
Badan Bahasa Kementerin Pendidikan Nasional
Umum
Pengumuman Naskah lolos Bulan Mei2018
Naskah menyesuaikan dengan tema
2.
Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Dikdas
Kesharlindung Dikdas
Guru SD dan SMP yang mempunyai NUPTK

Batas Pengiriman naskah Bulan Juni
Buat akun di kesharlindungdikdas.id
3.
Seminar Nasional
Kesharlindung Dikdas
Guru SD dan SMP yang mempunyai NUPTK
Seminar 1: Mei
(biasa bertahap)
Buat akun di kesharlindungdikdas.id
4.
Olimpiade Nasional Inovasi Pendidikan (ONIP)  Matematika
PPPPTK Matematika
Semua Guru Matematika termasuk Guru SD
Juli-Oktober
Tidak perlu NUPTK
5.
Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SenDiMat)
PPPPTK Matematika
Semua Guru Matematika termasuk Guru SD
Juli-Nopember
Tidak perlu NUPTK
6.
Lomba Penelitian Ilmiah Guru (LPIG)
HMJ Fisika undiksha
Semua Guru
Juli-September
Tidak perlu NUPTK

            Itulah beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun, sehingga naskahnya bisa disiapkan dari awal tahun. Adapun langkah-langkah untuk mengawalinya adalah:
1     1. Mengidentifikasi masalah yang terjadi terhadap hasil belajar siswa di kelas
       2. Mengidentifikasi penyebab masalah
3     3. Mencarikan solusi melalui inovasi yang dianggapkan tepat, baik media (pengembangan) atau               model (PTK)
4     4. Melakukan perencanaan yang baik, pelaksanaan dan laporan
5     5. Karya siap dipublikasikan

Selain itu, kita juga dapat membiasakan menulis mulai dari hal-hal kecil, seperti membuat puisi. Banyak event lomba puisi yang dapat kita ikuti, termasuk oleh siswa.
         Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Guru mulia karena karya. Karya yang dimaksud adalah siswa kita, yang kita didik melalui berbagai inovasi hingga menjadi berguna bagi nusa dan bangsa. Inovasi itu kita laporkan sebagai bentuk sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan.

Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon