10 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Cerdas dan Pintar Sejak Dini

Cara mendidik anak sejak dini

Dunia Edukasi
-Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar. Tapi bagaimana caranya? Belum semua orang tua mengetahui cara yang benar. Salah satu penelitian ilmiah menyebutkan bahwa sentuhan seorang ibu sanggup meningkatkan kecerdasan otak anak. Tentu hal ini dapat diperoleh anak semenjak baru lahir, yaitu ketika disusui dan kontak dengan kulit ibu secara langsung.

Berikut beberapa cara mendidik anak supaya menjadi pintar dan cerdas sejak dini.
1. Menyusui Anak Hingga Berusia 24 Bulan
Menyusui Anak hingga berusia 24 Bulan (2 tahun) dipercaya sanggup merangsang perkembangan otak amak.

2. Banyak Berbicara dengan anak
Banyak berbicara dengan anak sanggup menciptakan anak mendengar, mengingat, merasakan, dan mengenali, sehingga aspek kognitifnya berkembang dengan baik.

3. Ajak Anak Bermain
Bermain dengan anak sanggup mempercepat proses belajarnya dan membuatkan potensi sosialnya.

4. Bernyanyi dan Mendengarkan Musik
Pilihkan musik yang unik dengan tempo yang energik, sehingga anak sanggup terangsang untuk bergerak-gerak sesuai dengan iramanya.

5. Ajak Anak Jalan-Jalan
Ajaklah anak keluar rumah hanya untuk sekedar melihat pemandangan di sekitar rumah pada pagi atau sore hari. Anak akan melihat banyak orang, sehingga sanggup merangsang mental dan sosialisasinya.

6. Temani Anak Ketika Menonton TV
Saat menonton TV, tentu anak akan berinteraksi serta membantu minat belajarnya. Namun hal ini  sangat memerlukan pendampingan dari orang tua.

7. Kehangatan dan Kebahagiaan Orang Tua
Penelitian memperlihatkan bahwa kondisi emosional anak sangat kuat pada perkembangan kognitif serta keterampilannya. Hal ini memerlukan peran serta orang tua untuk mendampingi dan memberikan kehangatan dan kebahagiaan pada anak.

8. Biarkan orang lain berinteraksi dengan Anak 
Selama Sahabat mengenal orang tersebut, maka  tidak perlu khawatir untuk membiarkan anak sahabat berinteraksi dengan orang tersebut. Contohnya dengan menggendong atau mengajaknya bermain.

9. Perkenalkan lebih dari satu bahasa
Hal ini bukan berarti dapat  membingungkan anak sahabat, tetapi akan membantu merangsang daya ingat pada otaknya.

10. Latih Anak Anda   
Latihlah anak sahabat secara teratur sesuai dengan tingkat perkembangan usianya. Misalnya ketika sudah mulai merangkak, maka latihlah perlahan, atau ketika usianya sudah di atas 6 bulan, latihlah untuk makan bubur saring, bubur susu, dan lain-lain.

Kecerdasan anak tidak mutlak ditentukan dari faktor genetiknya. Dengan melatihnya secara teratur tentu masih sanggup menjadi solusi dalam meningkatkan kecerdasannya.

Demikianlah penjelasan tentang  cara terbaik dalam mendidik anak agar menjadi pintar dan cerdas sejak dini. Semoga bermanfaat
salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Cerdas dan Pintar Sejak Dini"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel