Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS Terbaru

Soal HOT

Dunia Edukasi-Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) adalah topik yang sedang hangat di dunia pendidikan saat ini. Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia ditunjukkan berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA). Padahal keterampilan ini adalah salah satu modal siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan dengan perubahan yang semakin cepat. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah dalam menyiapkan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa agar dapat bersaing di tingkat global adalah dengan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Untuk itu, Pusat Penilaian Pendidikan telah menyusun buku Panduan Penulisan Soal HOTS. Diharapkan dengan buku ini, guru dapat menyusun instrumen evaluasi yang berkualitas.

Dalam pembelajaran abad 21, peserta idik harus mempelajari dan menguasai beberapa keterampilan antara lain berpikir kritis dan memecahan masalah; berpikir kreatif dan inovatif; dan berkolaborasi dan berkomunikasi efektif. Berpikir kritis dan pemecahan masalah; dan berpikir kreatif dan inovatif adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. 

Pembelajaran dan evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan pembelajaran dan evaluasi yang bermakna dan bukan hanya sekadar menghapal, karena pembelajaran dan evaluasi ini memungkinkan peserta didik untuk dapat: 1) mentransfer, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya ke konteks yang lebih kompleks; 2) berpikir kritis, menerapkan pertimbangan yang bijaksana atau menghasilkan kritik yang berdasar; 3) menuntaskan masalah, mengidentifikasi dan menuntaskan duduk masalah dalam kehidupannya.

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (unduh) memberi pemahaman tentang Pengertian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Bagaimana Menilainya dalam pembelajaran, termasuk Prinsip Penyusunan Instrumen, Langkah Penulisan Soal, dan Contoh Soal untuk semua mata pelajaran.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Buku Panduan Penulisan Soal HOTS. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Buku Panduan Penulisan Soal HOTS Terbaru"