Konsep Menabung Siswa Sekolah Dasar

Konsep menabung siswa SD

Hemat pangkal kaya merupakan peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa ini mengandung arti bahwa orang yang mampu berhemat, maka akan menjadi kaya. Salah satu cara untuk berhemat adalah menabung. Konsep menabung perlu kita tanamkan kepada anak sejak dini, misalnya sejak usia sekolah dasar.

Selain berhemat, menabung juga dapat menamkan karakter disiplin kepada anak. Selain itu, menabung juga dapat memberikan pengetahuan kepada anak tentang cara mengelola uang (literasi finansial). Untuk itu, kebiasaan menabung sangat penting diajarkan kepada anak. 

Kebiasaan menabung anak dapat dilakukan mulai dari rumah, yaitu dengan cara menabung di celengan. Anak dapat menyisihkan uang jajannya dengan memasukkannya di celengan. Walaupun yang ditabung adalah uang receh, namun lama-kelamaan akan menjadi banyak, seperti pepatah mengatakan, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Selain itu, menabung juga dapat dilakukan di sekolah. Biasanya di sekolah dasar ada program siswa menabung yang bertujuan untuk membiasakan siswa berhemat. Harapannya dengan siswa belajar berhemat, maka di masa depan siswa dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Namun, terkadang terjadi kesalahan konsep menabung yang terjadi pada anak, utamanya siswa sekolah dasar. Orang tua biasanya khusus memberikan anaknya uang untuk menabung. Hal ini tentu sudah tidak sejalan dengan tujuan menabung, yaitu mengajak anak berhemat. Seharusnya anak menabung dengan cara menyisihkan uang jajannya. Contoh, misalnya Ayu adalah seorang siswa kelas 5. Ayu setiap hari diberikan uang jajan sebesar Rp10.000,00. Uang jajan tersebut, Ayu dapat menyisihkan Rp2.000,00 per hari, sehingga ia mampu menabung Rp14.000,00 dalam seminggu. Dengan demikian, Ayu telah mampu berhemat menyisihkan uang jajannya untuk menabung.

Demikianlah konsep menabung yang benar bagi anak, semoga dengan membiasakan menabung dapat membantu anak dalam mengelola keuangannya di masa depan. 
Ayo mulai menabung dengan benar!
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Konsep Menabung Siswa Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel