Thursday, February 28, 2019

Dana Hibah Penelitian Guru "SEAQIS Research Grants (SRG) tahun 2019" Berikut Panduannya


Dalam Permenpan RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB merupakan unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pendidikan; (2) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
terdiri dari 3 komponen, yaitu, pengembangan diri, karya inovatif, dan publikasi ilmiah.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka SEAMEO QITEP In Science (SEAQIS), salah satu dari 7 SEAMEO Centres dan berada di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, memiliki mandat meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA. Salah satu cara meningkatkan kompetensi tersebut adalah dengan mendorong guru untuk melaksanakan publikasi ilmiah sebagai bagian dari pengembangan profesi.

Pada tahun 2019, SEAQIS kembali melaksanakan salah satu program yang telah menjadi unggulan, yaitu SEAQIS Research Grants 2019 sebagai upaya mendorong budaya meneliti dan menulis di kalangan guru. Melalui pendanaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) tahun 2019, SEAQIS mengundang guru IPA untuk ikut serta melakukan penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran STEM. Tema hibah penelitian untuk SEAQIS Research Grants (SRG) tahun 2019 adalah “Pembelajaran dengan Pendekatan STEM dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0.”

Kegiatan SEAQIS Research Grants 2019 ini akan diberikan kepada guru SD/MI, guru IPA SMP/MTs, dan guru IPA (Fisika, Kimia, Biologi) untuk jenjang SMA/SMK/MA. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para guru untuk terus melakukan penelitian, sebagai upaya perbaikan proses belajar mengajar untuk menghasilkan siswa yang siap bersaing secara global. Melalui kegiatan Hibah Penelitian ini pula para guru dapat melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan jenjang karir guru.

Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya program penawaran SEAQIS Research Grants 2019 yaitu:
  1. Melaksanakan visi dan misi lembaga karena tiga program unggulan (thrusts) sesuai 2nd FYDP, yaitu Professional Teacher Development, Learning ResourcesDevelopment, dan Professional Learning Communities terwakili melalui program SEAQIS Research Grants 2019.
  2. Memfasilitasi guru dalam meningkatkan keterampilan melaksanakan penelitian pendidikan;
  3. Memfasilitasi guru dalam menyusun karya penelitian
  4. Mengangkat isu terkini dalam bidang pendidikan khususnya IPA melalui tema penelitian pembelajaran STEM dalam menyongsong revolusi industri 4.0
  5. Memfasilitasi guru mengomunikasikan hasil penelitian pembelajaran berbasis STEM melalui kegiatan dan publikasi ilmiah
  6. Memotivasi guru untuk melakukan pembelajaran berbasis STEM;
Tema dan Subtema
SEAQIS Research Grants 2019 mengusung tema: "Pembelajaran dengan Pendekatan STEM dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0"
Sub-tema yang dapat dipilih yaitu:
  1. Ethno STEM (STEM berbasis budaya atau kearifan lokal)
  2. Green STEM (STEM berbasis lingkungan)
  3. Cyber STEM (komputasi, virtual, digital, robotic, dll)
  4. STEM-preneurship (STEM terintegrasi dengan kewirausahaan)
  5. Pendidikan Inklusif melalui pembelajaran STEM
Kriteria, Persyaratan Pengusul dan Tata Cara Pengusulan
  1. Pengusul adalah guru SD/MI, guru IPA SMP/MTs, guru IPA (Fisika , Kimia, Biologi) untuk jenjang SMA/SMK/MA yang masih aktif bertugas sebagai guru dan aktif sebagai anggota KKG/MGMP.
  2. Pengusul proposal dapat diajukan oleh satu orang atau lebih (maksimal tiga orang sebagai tim).
  3. Tim pengusul yang berjumlah maksimal tiga orang terdiri dari satu orang Ketua dan dua orang Anggota.
  4. Pengusul atau Tim Pengusul hanya boleh mengajukan satu buah judul rencana penelitian berupa proposal dengan sistematika yang telah ditentukan.
  5. Ketua Tim Pengusul dan satu dari anggota Tim Pengusul belum pernah mendapatkan dana bantuan penelitian dari SEAMEO QITEP In Science pada tahun-tahun sebelumnya.
  6. Proposal dikirimkan melalui email rnd.seaqis@gmail.com
Apresiasi
Para penerima dana hibah penelitian akan mendapatkan apresiasi sebagai berikut:
  1. Dana hibah yang digunakan untuk kepentingan penelitian sebesar Rp. 5.000.000,-. Alokasi dana penelitian disesuaikan dengan komponen RAB (lihat lampiran Komponen RAB). Dana penelitian ini diberikan secara bertahap.
  2. 30 peserta penerima dana hibah SRG 2019 akan diundang untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya pada seminar penelitian bidang IPA yang diselenggarakan oleh SEAQIS. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi akan ditanggung oleh SEAQIS.
  3. Saran, masukan dan bantuan dari para ahli tentang penelitian yang dilaksanakan.
  4. Prosiding dan sertifikat seminar hasil penelitian.
Baca Juga:
Jadwal kegiatan
Tabel Jadwal Kegiatan Seaqis Research Grants 2019

Untuk lebih jelasnya dapat mengunduh panduan berikut.

Panduan SEAQIS Research Grants 2019 (unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Salam Edukasi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon