Wednesday, March 20, 2019

Pantai Yehkuning Salah Satu Tempat Melukat (Menyucikan Diri) di Jembrana

Gambar Pantai Yehkuning

Pantai Yehkuning terletak di Desa Yehkuning, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana. Pantai ini sangat bersih dan indah. Tempat ini sering digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat melukat atau menyucikan diri bagi umat Hindu.

Gambar Orang Sedang Melukat di Pantai Yehkuning


Melukat merupakan bagian dari pelaksanaan upacara Manusa Yadnya, yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan menyucikan pribadi seseorang secara lahir dan batin. Melukat dapat membersihkan hal-hal negatif yang diperoleh dari dosa-dosa, baik yang berasal dari sisa perbuatan masa lalu atau dari perbuatan hidup saat ini.

Sebelum melukat atau menyucikan diri, kita perlu memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (TYME) agar diberikan keselamatan dan dijauhkan dari hal-hal yang negatif. Sarana yang dapat digunakan untuk melukat adalah banten pejati. 

Gambar Banten Pejati
Baca Juga:
Semoga dengan melaksanakan pembersihan diri (melukat) dapat menjauhkan kita dari hal-hal yang negatif, dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.