Tuesday, July 23, 2019

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2019

ONIP 2019
Kabar Gembira,
PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2019. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan tahun ini yang ke tujuh kalinya. 
PPPPTK Matematika

Sebagai seorang guru, tentu harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran, guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kemajuan teknologi saat ini dapat memudahkan guru dalam berinovasi. Dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi, maka penyelenggaraan ONIP Tahun 2019 berfokus pada 8 kategori berikut!
  1. e -Learning (termasuk Mobile Learning)
  2. Pembelajaran STEM
  3. Pemanfaatan komputasi awan (Cloud Computing) untuk pembelajaran
  4. Augmented Reality dan Virtual Reality
  5. Teknologi pemodelan 3-Dimensi.
  6. Game berbasis TIK
  7. Kecerdasan buatan
  8. Pembelajaran berbasis TIK lainnya.
Penerimaan karya inovasi dan pendaftaran dimulai dari bulan 1 Mei s.d 31 Agustus 2019. 30 peserta terbaik akan diundang untuk presentasi dan simulasi karya inovasi di PPPPTK Matematika pada bulan Oktober 2019.

Ketentuan Karya/Produk Inovasi
Karya inovasi yang diikutkan dalam ONIP 2019 adalah karya yang dibuat oleh guru dengan ketentuan:
  1. Hasil karya asli, milik sendiri (individu maupun tim), bukan plagiasi.
  2. Belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat nasional atau internasional.
  3. Dibuat dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.
  4. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya, namun hanya 1 karya yang akan dipresentasikan di dalam proses seleksi selanjutnya. Jika ada lebih dari 1 karya yang dinyatakan lolos seleksi awal, maka peserta harus memilih 1 karya saja yang dipresentasikan dalam tahap prersentasi produk (babak final).
  5. Merupakan karya inovatif, yaitu hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi. Jika berupa karya modifikasi, wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi, serta dari mana asal produk asli sebagai dasar pengembangan.
  6. Karya inovasi yang dibuat harus mendukung pembelajaran materi matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
  7. Khusus untuk produk inovasi yang merupakan hasil karya tim (bukan individu), maka hanya dibatasi 1 orang yang mewakili tim untuk presentasi di babak final.
Kelengkapan Produk dan Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran produk/karya inovasi dilakukan dengan mengisi Form Online Pendaftaran ONIP 2019 serta mengirimkan kelengkapan produk. Kelengkapan produk inovasi terdiri dari:
  1. Gambaran Singkat Produk
  2. Laporan Pengembangan Produk
  3. File hasil scan surat pernyataan keaslian karya inovasi serta pernyataan belum pernah menang dalam suatu kompetisi (format terlampir)
  4. File hasil scan pengesahan dan ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
  5. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan produk dan simulasi penggunaan produk inovasi yang didaftarkan
  6. RPP dengan menggunakan produk inovasi tersebut
Produk inovasi dan kelengkapannya dikirimkan kepada panitia seleksi dengan cara diunggah di cloud milik peserta, dan peserta membagikannya tautan/link-nya kepada panitia seleksi melalui informasi di file “Gambaran Singkat Produk”. Kelengkapan di atas juga harus diunggah di form pendaftaran online.

Gambaran singkat produk paling tidak berisi: 1) deskripsi singkat produk dan kategori produk, 2) alamat url/cloud tempat produk bisa diakses/diunduh. Jika produk berupa e-learning, maka harus diinformasikan cara login (username dan password) terhadap peran-peran di e-learning tersebut (misalnya login sebagai guru dan login sebagai siswa). Agar penilai bisa mencoba menggunakan e-learning tersebut. Jika produk berupa aplikasi, maka disertakan alamat di mana aplikasi bisa diunduh.

Laporan pengembangan produk ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah yang lazim. Laporan pengembangan produk paling tidak harus berisi: 1) latar belakang keilmuan (matematika dan pendidikan matematika) yang mendasari pengembangan produk, 2) Informasi prosedur ilmiah pengembangan produk. Misalnya jika dikembangkan dengan penelitian pengembangan (R&D) maka bisa menggunakan ADDIE, 4D, R2D2, Model Kemp dan sejenisnya.

Tahapan Seleksi dan Tanggal Penting
Apabila ada pertanyaan, atau ada yang belum jelas dapat menghubungi panitia penyelenggara melalui kontak berikut:
  1. email: onip@p4tkmatematika.org
  2. narahubung: Tika (085927484086)
Bagi Sahabat Guru Kelas SD atau Guru Matematika dapat menyiapkan karyanya dan diikutkan dalam ajang ini. Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.