Sunday, July 21, 2019

Benarkah Mata Pelajaran Agama Akan Dihapus? Ini Jawaban Bapak Mendikbud

Tags

Belakangan ini telah beredar berita tentang penghapusan Mata Pelajaran Agama di sekolah oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Muadjir Effendy. Hal ini tentu langsung ditanggapi oleh Pak Menteri. Dilansir dari website resmi Kemdikbud (https://www.kemdikbud.go.id), bapak Muhadjir Effendy mengklarifikasi berita yang beredar tentang penghapusan mata pelajaran agama akibat pemberlakuan delapan jam hari sekolah. Ia menyampaikan bahwa, mata pelajaran agama akan tetap ada, bahkan bisa menjadi lebih kuat jika ada kerja sama antara sekolah dengan madrasah diniyah.

Penghapusan Pelajaran agama
Bapak Muhadjir Effendy (Mendikbud RI)
(Sumber: www.tribunnews.com)
"Jadi bukan menghapus pelajaran agama. Justru bisa dipakai untuk jadi penguat (pelajaran agama). Jadi tidak ada pengulangan (antara yang diajarkan dalam pelajaran agama di sekolah dengan yang diajarkan di madrasah diniyah)," kata Pak Menteri.

Dalam kesempatan lain, Pak Menteri juga telah membuat video klarafikasi terkait isu ini. Dalam videonya, pak Menteri menyampaikan bahwa, sama sekali tidak ada rencana pengapusan Mata Pelajaran Agama di Sekolah. Untuk itu, beliau menghimbau agar tidak ada lagi yang menyebarluaskan isu ini, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Untuk lebih jelasnya, dapat menonton video klarifikasi berikut.



Demikian yang dapat kami informasikan, semoga dapat menjawab keresahan sahabat terdapat isu penghapusan pelajaran agama di sekolah.

Salam edukasi.

Sumber:
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/mendikbud-bantah-akan-hapus-pelajaran-agama

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.