Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Akun Belajar.id untuk Guru dan Admin

infoduniaedukasi.com. Dalam rangka mendukung kelancaran proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), memudahkan pendidik dan peserta didik mengakses layanan pembelajaran, Kemendikbud melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) meluncurkan Akun Pembelajaran yang berdomain belajar.id

Akun pembelajaran dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam mengakses layanan pembelajaran yang berbasis elektronik.

Cara Download Akun Belajar

Untuk memperoleh akun belajar ini, operator sekolah dapat mengunduh akun yang telah dikeluarkan pusdatin. Akun belajar.id dapat diunduh pada laman pd.data.kemdikbud.go.id. Cara mengunduh akun belajar dapat ditonton pada video berikut!

Kelebihan Akun Belajar.id

Akun pembelaaran mempunyai beragam kelebihan dari akun Google biasa, salah satunya ialah mempunyai kapasitas penyimpanan Drive yang tanpa batas. Hal ini tentu sangat membantu guru dalam menyimpan file-file yang dapat mendukung pembelajaran tanpa takut kekurangan ruang penyimpanan. Untuk lebih mengenal kelebihan akun belajar.id dapat membaca pada artikel berikut: Kelebihan Akun Belajar.id

Cara Aktivasi Akun Belajar.id

Setelah mendapatkan akun belajar, maka guru, siswa, dan tenaga kependidikan wajib melakukan aktivasi akun agar dapat digunakan. Aktivasi dapat dilakukan melalui laptop/PC atau melalui Smartphone. Untuk cara aktivasi akun dapat ditonton pada video berikut!

Video Cara Aktivasi Akun Belajar.id Melalui Laptop/PC

Video Cara Aktivasi Akun Belajar.id Melalui Smartphone

Cara Reset Akun Guru Belajar.id

Setelah akun belajar diaktivasi, tentu akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Tetapi sering kali kita mengalami kendala dalam penggunaannya, seperti masalah klasik, yaitu lupa pasword. 

Tetapi jangan khawatir, jika lupa password maka akun dapat direset. Untuk akun yang berdomain @guru.belajar.id dapat direset oleh akun @admin.belajar.id yang ada di sekolah masing-masing. Biasanya dimiliki oleh kepala sekolah dan tenaga kependidikan. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk reset password akun belajar.id akun yang berdomain @guru.belajar.id:

1. Masuk ke akun @admin.belajar.id (akun kepala sekolah atau akun tenaga kependidikan)

2. Klik menu aplikasi (titik 9) yang ada di pojok kanan atas (di sebelah kiri profil), kemudian cari menu Admin.

Cara reset akun belajar untuk guru

3. Maka akan muncul 2 menu pencarian akun, yaitu berdasarkan user dan organisasi.

Reset Akun belajar

4. Untuk lebih mudah, pilih klik menu Users, maka kita akan mencari akun berdasar akun yang akan direset.

Cara reset akun belajar

5. Pilih Users from all organizational units dan klik Add a Filter

reset akun pembelajaran

6. Pilih filter yang akan dipilih, bisa menggunakan nama pertama, nama terakhir, email, dll. Agar lebih mudah dapat langsung filter menggunakan email yang akan direset dengan mengklik Email, lalu masukkan email belajar.idnya. Kemudian klik Apply.
Ganti pasword akun belajar

7. Akan muncul nama, email, status dan waktu terakhir login. Untuk melihat menu Reset Password, maka cukup bawa krusor ke nama akun tersebut. Setelah muncul seperti gambar di atas, dapat diklik reset Password.

reset akun pembelajaran
8. Muncul 2 menu, yaitu membuat pasword secara otomotis atau membuat pasword secara manual. Pilih salah satu, kemudian klik RESET. Untuk kali ini, saya contohkan yang membuat password otomatis.
ganti pasword akun belajar

9. Password telah berhasil direset. Password baru dilihat atau copy dan dikirimkan kepada guru yang bersangkutan.
11. Setelah akun diterima oleh guru, diharapkan segera login ke akun belajar.id-nya dengan mengggunakan password yang diberikan. Setelah itu akan diminta membuat password baru minimal 8 karakter. Maka akun telah berhasil di reset.

Cara Reset Akun Admin Belajar.id

Bagaimana dengan akun admin? Cara resetnya agak berbeda karena harus di reset oleh admin Pusdatin.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset akun admin belajar.id.
1. Masuk ke laman: http://ult.kemdikbud.go.id
reset akun admin belajar.id

2. Muncul 4 menu yang dapat digunakan untuk melaporkan permasalahan lupa password akun belajarnya. Yang paling kami sarankan adalah dengan mengirim email pengaduan ke pengaduan@kemdikbud.go.id.
cara reset akun admin
Contoh Email Reset Akun Admin Belajar.id

3. Kirimkan email dengan Subjek dan isi sesuai contoh di atas. Jika email sudah dibaca, maka akan dibalas seperti berikut.
reset password admin belajar
4. Sabar menunggu hingga dikirimkan pasword yang baru seperti berikut
Reset akun admin belajar.id

5. Setelah mendapat email password yang baru, segera login ke akun belajarnya, kemudian akan diminta membuat pasword baru dengan 8 karakter. Catat password yang baru dibuat agar tidak lupa lagi di kemudian hari.

Sekian yang dapat kami bagikan tentang cara reset password akun belajar.id bagi guru dan admin. Semoga bermanfaat.
Salam Edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Cara Reset Akun Belajar.id untuk Guru dan Admin"