Friday, July 5, 2019

Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Jenis, Model, dan Warna Seragam Sekolah SD, SMP, SMA/K

Hallo Sahabat Edukasi!

Kali ini kami akan berbagi terkait pakaian seragam sekolah peserta didik.

Tahun Pelajaran 2019/2020 akan segera tiba. Apakah sekolah boleh mewajibkan peserta didik baru membeli seragam di sekolah masing-masing?
Simak penjelasan berikut!

Seragam Siswa baru


Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2019/2020 menuai banyak pertanyaan bagi siswa ataupun orang tua/wali siswa. Salah satunya adalah tentang seragam sekolah. Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan dan jawaban tentang pakain seragam siswa yang kami peroleh dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud. 

Pertanyaan 1:
Apakah sekolah boleh mewajibkan peserta didik baru untuk membeli paket seragam di sekolah masing-masing?

Jawaban:
Pada Pasal 4 Permendikbud No. 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa:

  1. Pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orang tua atau wali peserta didik.
  2. Pengadaan pakaian seragam sekolah tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan PPDB atau kenaikan kelas.
Dengan demikian, hendaknya hendaknya tidak mewajibkan peserta didik untuk membeli paket seragam di sekolahnya, tetapi diusahakan di luar sekolah dengan memperhatikan kelengkapannya. Pengadaan pakaian seragam khas sekolah dapat dilakukan ketika jenis dan model pakaian tersebut telah diumumkan secara terbuka kepada peserta didik dan/atau orang tua/walinya.

Untuk itu, penting bagi peserta didik dan orang tua/wali untuk mengetahui jenis, warna, dan model pakaian seragam sekolah. Pakaian seragam sekolah terdiri dari: Pakaian seragam nasional, Pakaian seragam kepramukaan, atau Pakaian seragam khas sekolah. Jenis pakaian seragam sekolah terdiri dari: Pakaian seragam sekolah untuk peserta didik putra dan Pakaian seragam sekolah untuk peserta didik putri. Warna pakaian seragam nasional dibedakan berdasarkan tingkatannya. Untuk SD/SDLB: kemeja putih, celana/rok warna merah hati, SMP/SMPLB: kemeja putih, celana/rok warna biru tua, dan SMA/SMALB/SMK/SMKLB: kemeja putih, celana/rok warna abu-abu.

Untuk lebih jelas tentang pakaian seragam nasional, dapat dilihat pada lampira 1 Permendikbud No. 45 Tahun 2014 berikut! (unduh)



Pertanyaan 2: 
Bolehkan sekolah yang diselenggarakan pemerintah mewajibkan peserta didik menggunakan atribut keagamaan tertentu?

Jawaban:
Pada Pasal 3 ayat 4 poin d Permendikbud No. 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa, sekolah memang berwenang mengatur pakaian seragam khas sekolah, namun tetap harus memperhatikan hak setiap warga negara untuk menjalankan kenyakinan agamanya masing-masing.

Untuk lebih jelas tentang atribut dan model pakaian seragam sekolah dapat dilihat pada file Lampiran 2 Permendikbud No. 45 Tahun 2014 berikut! (unduh).

 
Demikian yang dapat kami informasikan, semoga dapat menjadi petunjuk bagi siswa baru dan orang tua/wali dalam menyiapkan seragam buah hatinya.
Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.