Wednesday, July 3, 2019

Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi

Hallo Sahabat Edukasi!
Kali ini kami akan berbagi tentang Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
Nah, Apa itu PKP? Simak penjelasan berikut!

PKP


Pengertian

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB merupakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya.

Pada Program PKB terdahulu berdasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru yang kemudian berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penyelenggaraan program PKP Berbasis Zonasi didesain dengan grand desain seperti gambar berikut!
Gambar Bagan Program PKP Berbasis Zonasi
Bentuk Kegiatan
Program PKP dilaksanakn dengan Berbasis Zonasi yang dirancang dalam bentuk pelatihan berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing memiliki pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP.

Manfaat
Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi adalah sebagai berikut: 
  1. Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
  2. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya; 
  3. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; 
  4. Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
Untuk lebih jelasnya tentang Program PKP Berbasis Zonasi ini, sahabat bisa unduh pedomannya pada link berikut!
  1. Buku Pedoman PKP Berbasis Zonasi (unduh)
  2. Petunjuk Teknis PKP Berbasis Zonasi (unduh)
  3. Buku Pegangan Narasumber (unduh)
  4. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir tingkat tinggi (unduh)
  5. Buku Penilaian Berorientasi HOTS (unduh)
Dalam rangka persiapan program PKP ini, maka dihimbau kepada seluruh guru untuk membuka Akun SimPKBnya di https://app.simpkb.id/gtk untuk mengupdate data tentang mata pelajaran yang diampu sesuai keadaan sekarang.

Gambar Tampilan Awal ketika membuka Akun SIMPKB
Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa kita diminta menyesuaikan mata pelajaran yang kita ampu sesuai dengan keadaan sekarang. Setelah dipilih maka diklik simpan, maka data sudah diupdate.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. 
Salam edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.