Saturday, July 13, 2019

Pengumuman FL2N 2019, Kabupaten Jembrana meloloskan Satu Siswinya

Tags

Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) tingkat SD/MI Sederajat rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. 

FL2N bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang sastra (lisan dan tulis)
  2. meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menulis sebagai sarana dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan secara estetis
  3. meningkatkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai sarana untuk membangun karakter, jati diri, dan kebanggaan nasional
  4. memotivasi siswa untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini
  5. mendorong peserta didik untuk menghargai dan memperkenalkan kearifan lokal
  6. mendorong semangat kebersamaan dalam keberagaman
Adapun bidang yang dilombakan yaitu:
  1. Lomba menulis cerita pendek (Cerpen)
  2. Lomba Baca Puisi
  3. Lomba Cipta Pantun,
  4. Lomba Cipta Syair, dan 
  5. Lomba Mendongeng.
Baca Juga: Pedoman FL2N SD 2019

Setelah dilakukan seleksi terhadap siswa-siswa yang telah mengirimkan naskah akhirnya terpilih peserta terpilih sebagai berikut!


Pada tahun ini, Provinsi Bali berhasil meloloskan 6 orang siswa ke Nasional. Salah satunya berasal dari Kabupaten Jembrana. Ia adalah siswi dari SDN 2 Pengambengan, Adelia Chika Soraya.
Adelia Chika Soraya
Siswi yang akrab dipanggil Chika ini, merupakan siswi yang lugu dan pemalu, namun berkat bimbingan gurunya, Nur Yasin, S. Pd. SD Ia berhasil lolos ke tingkat nasional dalam bidang lomba baca Puisi. Pada tahap seleksi, Chika membacakan puisi yang berjudul Doa, karya Chairil Anwar.


FL2N SD akan dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 29 Juli 2019 bertempat di Hotel Santika Premier Bintaro CBD Bintaro Jaya, Blok B7, Jl. Prof. DR. Satrio No. A3-01, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, kota Tanggerang Selatan, Banten. "Saya senang banget, karena Chika berhasil lolos ke tingkat Nasional. Saya optimis Chika harus bisa menang, karena saya selalu optimis disetiap perlombaan," kata Pak Nur Yasin.
Nur Yasin, S. Pd. SD
"Modal saya hanya semangat, sekarang ini saya lagi mencari orang yang ahli dibidang puisi untuk memberikan masukan kepada Chika, karena seni tidak bisa dinikmati oleh satu orang saja," imbuhnya.

Semoga saja harapan dan kerja keras Bapak Nur Yasin dalam membimbing Chika, dan kerja keras Chika dalam berlatih bisa berbuah manis di Nasional. Lolos ke tingkat Nasional merupakan sebuah prestasi. Semoga prestasi Chika ini, mampu memberikan motivasi kepada peserta didik yang ada di Kabupaten Jembrana untuk ikut berprestasi di Ajang FL2N di tahun-tahun berikutnya.

Semua prestasi ini tentu tidak lepas dari dukungan seluruh warga SDN 2 Pengambengan, terutama kepala Sekolah, Bapak Karyono, S. Pd.
Karyono, S. Pd.
Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana juga selalu mengingatkan agar kegiatan literasi di sekolah selalu digiatkan. "Kegiatan literasi di sekolah harus terus digiatkan untuk memperluas cakrawala wawasan peserta didik. Para guru diharapkan bisa menjadi pendamping setia peserta didik dalam pelaksanan kegiatan literasi sekolah," Ujar Bapak I Nyoman Wenten, S. Pd. (Kabid Dikdas Dikpora Kab. Jembrana).

I Nyoman Wenten, S. Pd.
Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional SD adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperkaya kegiatan literasi sekolah. Disamping itu, kegiatan ini juga dapat mengeksplorasi kemampuan siswa dalam menulis dan membaca puisi. Kegiatan ini juga dapat memperkuat karakter siswa, yaitu karakter berani, mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab. Semoga di tahun-tahun selanjutnya, lebih banyak sekolah yang bisa berpartisipasi dan meloloskan siswanya.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)