Monday, September 9, 2019

Seminar Nasional 2 Tahun 2019, Gratis dan Dibiayai

Kabar gembira!!!
Kesharlindung Dikdas kembali menyelenggarakan Seminar Nasional II di tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi guru dalam berkarier, meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, dan mendiseminasikan gagasan inovatif, pengalaman terbaik, atau hasil penelitian guru.

Peserta yang boleh ikut dalam kegiatan ini adalah: 1) guru pendidikan dasar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang lolos seleksi artikel dan administrasi secara online; 2) guru yang memiliki izin mengikuti seminar dari kepala sekolah.

Tema Seminar Nasional Tahun 2019 adalah “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0” dengan subtema sebagai berikut. 
  1. Guru yang unggul berhati Indonesia berideologi pancasila 
  2. Penguatan Pendidikan Karakter 
  3. Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) 
  4. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM) 
Berdasarkan tema di atas, ada beberapa deskripsi Subtema, yaitu: 
  1. Guru yang unggul berhati Indonesia berideologi pancasila Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pengabdian kepada negara dan bangsa Indonesia yang berideologi Pancasila 
  2. Penguatan Pendidikan Karakter Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai implementasi nilai-nilai utama pendidikan karakter (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas) berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.
  3. Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang menstimulasi HOTS. 
  4. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM) Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pendekatan pembelajaran STEAM.

Syarat Artikel

  1. Artikel sesuai dengan tema
  2. Artikel merupakan Hasil karya sendiri (asli) disertai pernyataan keaslian naskah bermeterai (contoh format terlampir); 
  3. Belum pernah diseminarkan dan dipublikasikan, serta tidak sedang dalam proses reviu oleh editor jurnal atau media publikasi lainnya; 
  4. Memiliki similarity (tingkat kesamaan dengan tulisan lain/plagiarisme) maksimal 30%; 
  5. Jumlah halaman artikel maksimal 12, termasuk abstrak dan daftar referensi
Untuk lebih jelas dapat membaca pedoman berikut.

Pelaksanaan Seminar Nasional II pada bulan Oktober 2019 di Jakarta. Jadi bagi sahabat yang ikut seleksi dan lolos akan diundang untuk hadir ke Jakarta. Semuanya gratis, senmua akomodasi ditanggung oleh panitia.

Jadwal Seminar Nasional II 2019
Jadwal Seminar Nasional II 2019
Ayo tunggu apalagi, bagi yang sudah punya artikel, segera daftar dan pilih temanya di akun Kesharlindung masing-masing di https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id, kemudian cari kegiatan Seminar. Pendaftaran administrasi dibuka sampai 10 September 2019.
Semnas 2 2019
Laman Pendaftaran Semnas 2
Baca Juga: Kumpulan Makalah Seminar Nasional I 2017

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat!
Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.