Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Kisi-kisi dan Soal Penilaian Harian K13 SD Semester 1

SOAL PH

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan untuk mencapai tujuan kompetensi dasar tertentu yang telah dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian sangat erat hubungannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya.

Dalam kurikulum 2013, penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik merupakan proses pengumpulan informasi atau data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar. Contoh penilaian oleh pendidik adalah penilaian harian(PH) dan penilaian tengah semester (PTS). PH merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar. Sedangkan PTS merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. 



Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan merupakan proses pengumpulan informasi atau data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah. Contoh Penilaian oleh satuan pendidikan yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah/Madrasah. PAS merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. PAT merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Ujian Sekolah/Madrasah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

Dalam melaksanakan penilaian, tentu guru selaku pendidik wajib mempunyai kumpulan soal Penilaian, baik penilaian harian maupun Penilaian tengah Semester. Bagi sahabat yang belum punya, kami akan bagikan kumpulan soal penilaian harian yang kami miliki lengkap dengan kisi-kisinya. Semuanya dapat diunduh secara gratis dan dapat disempurnakan lagi.

Kisi-kisi penilaian harian (PH) Tematik Semester 1:
Kelas 1 (unduh)
Kelas 2 (unduh)
Kelas 3 (unduh)
Kelas 4 (unduh)
Kelas 5 (unduh)
Kelas 6 (unduh)

Soal penilaian harian (PH) Tematik  Semester 1:
Kelas 1 (unduh)
Kelas 2 (unduh)
Kelas 3 (unduh)
Kelas 4 (unduh)
Kelas 5 (unduh)
Kelas 6 (unduh)

*Catatan: untuk kelas 1, 2, dan 3 masih proses.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.