Pandangan Orang Tua Terhadap Pengaruh Penggunaan Media Sosial bagi perkembangan Anak

Penelitian Sosial Sederhana

Pandangan Orang Tua Terhadap Pengaruh Penggunaan Media Sosial bagi perkembangan Anak
Oleh: I Wayan Ardika, S. Pd.

Pesatnya kemajuan internet dewasa ini, tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Salah satunya ketergantungan terhadap media sosial, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, Tweeter, dan lainnya. Media sosial ini secara tidak langsung membawa pengaruh terhadap perilaku manusia, termasuk pada anak-anak. Ketergantungan terhadap media sosial akan mempengaruhi perkembangan anak.

Untuk dilaksanakan penelitian tentang pandangan orang tua terhadap Pengaruh Penggunaan Media Sosial bagi perkembangan Anak. Penelitian dilakukan dengan metode survai dengan menggunakan instrument kuesioner. Kuesioner disusun oleh peneliti dengan memuat 5 pertanyaan. Responden dapat memberikan jawaban dengan mencetang sangat tidak setuju (STS), tidak setuju (TS), tidak tahu (TT), setuju (S), dan sangat setuju (ST).

Kuesioner diberikan kepada responden orang tua yang ada di lingkungan tempat tinggal peneliti yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil analisis hasil jawaban responden, diperoleh hasil sebagai berikut.
  1. Pertanyaan: Anak-anak perlu mengenal media sosial (facebook, Whatsapp, Instagram, dll.); Sebanyak 90% (9 orang) menyatakan setuju dan 10% (1 orang) sangat setuju.
  2. Pertanyaan: Anak-anak boleh mengakses media sosial (facebook, Whatsapp, Instagram, dll.); Sebanyak 90% (9 orang) menyatakan setuju dan 10% (1 orang) sangat setuju.
  3. Pertanyaan: Media sosial memberikan manfaat positif bagi anak-anak; Sebanyak 100% (10 orang) menyatakan setuju.
  4. Pertanyaan: Media sosial memberikan dampak negatif pada anak-anak; Sebanyak 90% (9 orang) menyatakan setuju dan 10% (1 orang) sangat setuju.
  5. Pertanyaan: Perlu pembatasan akses media sosial bagi anak-anak; Sebanyak 20% (2 orang) menyatakan setuju dan 80% (8 orang) sangat setuju.
Berdasarkan hasil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, anak-anak perlu mengenal dan boleh mengakses media sosial seperti facebook, Whatsapp, Instagram , dll. Namun mereka masih perlu dibatasi karena media sosial mempunyai manfaat positif dan dampak negatif bagi perkembangan anak.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Pandangan Orang Tua Terhadap Pengaruh Penggunaan Media Sosial bagi perkembangan Anak"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel