Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka

Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

Asesmen merupakan aktivitas yang menjadi kesatuan dalam proses pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu, guru perlu melakukan 2 asesmen berikut:
  1. Asesmen Formatif, yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar. Terdapat 2 jenis asesmen formatif, yaitu: a) Asesmen di awal pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan. b) Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat.
  2. Asesmen Sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan sekolah.
Baca Artikel Terkait: Karakteristik Kurikulum Merdeka

Pengolahan Hasil Asesmen untuk Rapor

Pengolahan hasil asesmen dilakukan dengan memanfaatkan hasil formatif dan sumatif. Asesmen formatif berupa data atau informasi yang bersifat kualitatif dan digunakan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan menyusun deskripsi capaian kompetensi, sedangkan asesmen sumatif berupa angka atau kuantitatif. 

Contoh Pengolahan Nilai Rapor

Contoh Data kuantitatif

nilai rapor Kurikulum merdeka

Contoh Data Kualitatif

data kualitatif kurikulum merdeka

Pelaporan Hasil Belajar

Pelaporan hasil penilaian atau asesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi tentang  pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada jenjang PAUD laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Sekolah melaporkan hasil belajar peserta didik dalam bentuk rapor. 

Rapor hendaknya bersifat sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, sekolah dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran. Pada PAUD, dalam rapor juga ditambahkan informasi tentang tumbuh kembang anak.

Selain itu, dalam rapor juga perlu mencantumkan informasi tentang tinggi dan berat badan anak, NIK, serta refleksi orang tua tentang perkembangan anak.

Baca Artikel Terkait: Struktur Kurikulum Merdeka SD

Komponen Minimal Rapor Peserta Didik PAUD

  1. Identitas Peserta Didik
  2. Nama Satuan Pendidikan
  3. Kelompok Usia
  4. Semester
  5. Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
  6. Deskripsi Perkembangan Capaian Pembelajaran
  7. Refleksi Orang Tua

Komponen MinimalRapor Peserta Didik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. SMK/MAK atau sederajat

  1. Identitas Peserta Didik
  2. Nama Satuan Pendidikan
  3. Kelas
  4. Semester
  5. Mata Pelajaran
  6. Nilai
  7. Deskripsi
  8. Catatan Guru
  9. Presensi
  10. Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Format Rapor SD

Contoh Format Rapor SD kurikulum Merdeka

Catatan:
  1. Format rapor di atas dapat disesuaikan berdasarkan struktur kurikulum masing-masing jenjang.
  2. Deskripsi capaian kompetensi peserta didik berisi informasi tentang kompetensi yang sudah dicapai dan kompetensi yang perlu ditingkatkan. Deskripsi ditulis menggunakan kalimat positif dan memotivasi.

Contoh Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka

Pada kesempatan kali ini, infoduniaedukasi.com akan berbagi contoh aplikasi rapor kurikulum merdeka jenjang SD yang disusun oleh Bapak I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd.
  • Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase B  (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Projek Kurikulum Merdeka Jenjang SD (Unduh)
  • Daftar Kelas (unduh)
  • Daftar Nilai Kurikulum Merdeka (unduh)
  • Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka (unduh)
Apabila sahabat edukasi ada kendala dalam menggunakan aplikasi rapor di atas, dapat menghubungi Bapak Alit Sentanu di No. WA: 085737426316.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Rapor Kurikulum Merdeka SD, Rapor Projek Kurikulum Merdeka, Daftar Nilai Kurikulum Merdeka, dan Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat dan salam edukasi.

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Unduh Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Jenjang SD"