Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak

pengertian pendidikan karakter

Dunia Edukasi-Pendidikan Karakter bagi anak sangat penting dalam menentukan masa depan dereka. Pendidikan yang diterapkan di sekolah formal masih memaksimalkan kecakapan serta kemampuan kognitif, sehingga pendidikan karakter belum bisa ditanamkan secara maksimal. Jadi, peran serta orang tua/keluarga dan lingkungan sangat penting dalam keberhasilan menanamkan dan membentuk peserta didik menjadi anak berkarakter baik.

A. Pengertian Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang dilakukan untuk mendidik  karakter siswa, hingga bisa memperhatikan, memahami serta melaksanakan nilai-nilai etika atau norma.

Faktor yang Memengaruhi Pendidikan Karakter
Banyak faktor yang mempengaruhi karakter seseorang, salah satunya ialah faktor lingkungan. Karakter yang terbentuk pada seseorang dipengaruhi dari proses interaksi lingkungannya. Untuk memberikan karakter yang baik pada anak, maka kita perlu memberikan keteladanan atau memberi contoh, perilaku baik yang dilakukan terus-menerus atau secara konsisten. Pembentukan karakter serta perkembangannya  membutuhkan keteladanan yang ditularkan dari lingkungan anak. Penyesuaian yang dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang panjang serta dilakukan secara konsisten dapat membentuk karakter anak.

B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan karakter ialah membentuk anak bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong, mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

C. Fungsi Pendidikan Karakter
Fungsi penting dari pendidikan karakter ialah untuk membuatkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik. Selain itu, pendidikan karakter juga berfungsi meningkatkan peradaban insan dan bangsa  yang baik  di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, melainkan juga dari berbagai media yang meliputi keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media tegnologi.

D. Pentingnya Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter sangat penting sebagai penyeimbang dari kecakapan kognitif. Contoh yang dapat kita temui dari tidak seimbangnya  pendidikan kognitif dengan pendidikan karakter ialah ketika kita melihat, ada  seorang pengusaha kaya yang tidak peduli dengan tetangganya yang kelaparan serta hidup serba berkekurangan.

Demikian yang dapat kami bahas tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel