Literasi Dasar yang Wajib Dikuasai oleh Generasi Milenial

Pemerintah telah menggaungkan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Dalam gerakan ini terdapat 6 literasi dasar yang harus dikuasai oleh semua manusia di Indonesia. Adapun keenam kemampuan literasi itu yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, serta literasi budaya dan kewargaan.
Keterampilan Literasi yang Wajib Diketahui dan Dikuasai oleh Generasi Milenial 6 Keterampilan Literasi yang Wajib Diketahui dan Dikuasai oleh Generasi Milenial

Untuk lebih memahami pengertian dari masing-masing leterasi di atas, maka dapat menyimak penjelasan beriukut.

1. Literasi Baca Tulis
Literasi baca tulis merupakan kemampuan seseorang dalam memahami isi teks tertulis. Kemampuan ini juga dibutuhkan ketika menuangkan gagasan ke dalam sebuah tulisan.

2. Literasi Numerasi
Literasi numerasi merupakan kecakapan memakai  berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar guna memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Literasi Sains
Literasi sains merupakan kemampuan memahami fenomena alam dan sosial di sekitar. Dengan menguasai literasi ini, maka kita sanggup mengambil keputusan yang baik secara ilmiah guna hidup lebih kondusif dan sehat.

4. Literasi Finansial
Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman konsep, risiko, dan keterampilan dalam bidang keuangan.

5. Literasi Digital
Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan dalam memakai media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, menciptakan informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh pada aturan dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan
Literasi budaya dan kewargaan merupakan kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik, meliputi kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, agama, bahasa, adat istiadat, kepercayaan, dan lain sebagainya.

Demikianlah enam literasi dasar yang harus dikuasai oleh generasi muda atau milenial saat ini. Semoga dengan kemampuan literasi ini bisa membuat warga Indonesia menjadi manusia yang literat dan bermanfaat bagi sesama. 
Salam Edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Literasi Dasar yang Wajib Dikuasai oleh Generasi Milenial"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel