Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Kreatif

cara mendidik anak agar menjadi kreatif

Melihat anak yang aktif bergerak, banyak bertanya, dan mempunyai keterampilan tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua. Namun, melihat sang buah hati yang hanya diam, malu, dan minder ketika bermain dengan teman-temannya tentu menjadi beban bagi orang tua. Anak-anak yang mempunyai kreativitas tinggi karena adan peran serta orang tua yang membantu dan membimbingnya. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang tua mendidik anak dengan cara yang baik dan benar, sehingga kreativitas dan kecerdasan anak dapat terangsang serta lebih meningkat sesuai dengan perkembangan usianya.

Bagaimana langkah-langkah yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan kreativitas anak? Berikut kami sajikan beberapa langkahnya.

1. Sabar dan tekun
Jangan pernah bosan untuk mengingatkan, meluruskan, dan menasehati anak. Karena anak-anak cenderung mengulangi kesalahan yang sama. Teruslah  mendampingi anak setiap hari, sehingga kita tahu bagaimana perkembangannya.

2. Jangan membatasi daerah bermainnya
Melarang anak bermain di luar dapat membuatnya minder ketika berinteraksi dengan dunia luar. Jadi biarkan mereka bermain di luar rumah dan berinteraksi dengan banyak teman. Namun tentunya masih  perlu pengawasan orang tua. 

3. Membuat kerajian tangan bersama

Membuat kerajinan tangan seperti origami, menggambar, melukis, atau mewarna dapat melatih kreativitas anak. Anak akan dapat mengasah ide-idenya untuk menciptakan sesuatu yang baru atau sesuatu yang mereka sukai.

4. Bermain dengan boneka

Bermain boneka dengan simulasi seakan-akan boneka dapat berbicara juga dapat menambah kreativitas anak serta melatih kemampuan berbahasa anak.

5. Tingkatkan perbendaharaan kata

Cara ini dapat dilakukan dengan bercerita kepada anak atau membacakan dongeng setiap anak mau tidur. Komunikasi yang sering dapat membuat anak mengenal lebih banyak kata.

6. Liburan yang kreatif

Liburan kreatif dapat dilakukan bersama dengan anak, misalnya pergi ke kebun binatang, sehingga pengetahuan anak semakin bertambah.

7. Melatih ketelitian anak

Melatih anak untuk mengetahui sesuatu yang lebih detail akan membantunya untuk lebih termotivasi dan meningkatkan rasa ingin tahunya tentang sesuatu.

8. Jangan terlalu serius dalam mendidik

Gurauan atau candaan kecil dalam suatu keluarga dapat menciptakan suasana yang lebih ekspresif terutama pada sesuatu yang mereka minati atau yang sesuai dengan bakatnya.

Jadi, untuk meningkatkan kreativitas anak, kita perlu menerapkan beberapa cara atau strategi dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Agar anak dapat bebas berkreasi sesuai dengan talenta dan minatnya.

Demikian yang dapat kami bagikan, tentang cara mendidik anak agar menjadi kreatif. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Kreatif"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel