Panduan Guru dalam Menghadapi Virus Corona

Virus Corona

Guru mempunyai peranan penting dalam membantu siswa memahami penyakit Covid-19 atau Virus Corona dan mengatasi kecemasannya. Oleh karena itu, guru harus aktif mencari informasi yang benar dan memberikannya kepada siswa. Dengan demikian siswa tidak akan terjabak dengan informasi hoax atau informasi yang tidak benar. Guru harus memberikan contoh perilaku yang dapat melindungi diri dan orang lain.

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan guru, yaitu:

  1. Menjelaskan kepada siswa bahwa hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau dengan 7 langkah mencuci tangan.
  2. Menjelaskan kepada siswa untuk melakukan cuci tangan dengan sabun saat tiba di rumah, sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.
  3. Jika siswa masih terlalu kecil, guru dapat membantunya untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang benar
  4. Menjelaskan kepada siswa untuk menggunakan cairan pembersih tangan (minimal 60% alkohol) jika sabun dan air mengalir tidak tersedia. Sekolah perlu menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan yang memadai.
  5. Menjelaskan kepada siswa agar menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin atau menggunakan tisu. Tisu langsung dibuang ke tempat sampah yang tertutup setelah digunakan (sekolah perlu menyediakan tempat sampah). Guru harus selalu mengingatkan siswa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan
  6. Menjelaskan kepada siswa agar selalau menjaga jarak paling sedikit 1 meter dengan orang lain. Jangan berada di dekat orang yang tidak sehat.
  7. Menjelaskan kepada siswa untuk menghindari menyentuh wajah karena mulut, hidung mata dapat menjadi pintu masuk virus
  8. Menjelaskan kepada siswa untuk menghindari bersalaman. Sebagai gantinya, dapat melakukan lambaian tangan, atau modifikasi salam lainnya, misalnya salam siku atau beri senyum
  9. Jika guru atau siswa sakit, harus beristirahat di rumah.
  10. Guru menyampaikan pada siswa, bahwa tidak semua berita dari media sosial itu benar, karena itu jangan langsung dipercaya
  11. Guru mengajak siswa membuat poster, menulis puisi atau esai tentang cara melindungi diri dan orang lain. Kenalkan virus Corona dan COVID-19 di kelas science. Praktikkan cara menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dan cara bersalaman gaya baru yang aman. Ajarkan juga cara membuat cairan pembersih tangan.
  12. Guru menyiapkan sejumlah PR bagi siswa yang harus istirahat di rumah
  13. Guru membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektan, khususnya gagang pintu, saklar lampu, komputer, meja, keyboard dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan
  14. Guru tidak memberikan hukuman/sanksi bagi siswa yang tidak masuk karena sakit, serta tidak memberlakukan kebijakan insentif berbasis kehadiran (jika ada) 
Demikianlah beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru dalam rangka menanggulangi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Semoga virus ini lekas hilang dan keadaan kembali normal, sehingga kita bisa mengajar dengan nyaman lagi. Mari bagikan artikel ini ke semua guru.
Salam edukasi.

Sumber: https://www.covid19.go.id
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Guru dalam Menghadapi Virus Corona"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel