Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Modul Daring PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Modul Daring PPG


Pendidikan Profesi Guru (PPG) resmi diberlakukan oleh pemerintah. Pola PPG menggantikan pola PLPG atau Pendidikan dan Latihan Profesi Guru yang waktunya hanya 2 minggu. 

PPG dibagi menjadi 2, yaitu PPG dalam jabatan untuk guru yang sudah mengajar di sekolah dan PPG Prajabatan bagi calon guru. PPG ini berlangsung lebih lama dibandingkan dengan PLPG. Mulai dari 6 bulan sampai 1 tahun, tergantung bidang studi yang diikuti.

Khusus untuk PPG dalam jabatan, agar tidak terlalu mengganggu tugas mengajar, maka kegiatan PPG dibagi menjadi 2, yaitu mode Daring (dalam Jaringan/online) dan Mode tatap muka. Dalam kegiatan daring, peserta diminta mempelajari modul dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Penilaian dalam mode daring juga menentukan kelulusan PPG, sehingga peserta harus serius dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Bagi sahabat yang telah lulus pretest PPG dalam jabatan, maka perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi mode daring. Hal yang dapat dilakukan dengan bertanya kepada teman yang sudah pernah mengikuti PPG pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan bertanya, setidaknya sahabat mendapatkan gambaran kegiatan dan tugas-tugas yang diberikan, sehingga sahabat menjadi lebih siap menghadapinya bila nanti terpanggil.

Dalam mempersiapkan diri menghadapi PPG dalam jabatan, sahabat perlu mempelajari modul dan tugas-tugas yang diberikan pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan modul-modul yang diberikan pada mode daring PPG Tahun 2018. Modul ini dikelompokkan dalam 2 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik dan profesional.  Semoga dengan modul ini, dapat mematangkan persiapan sahabat dalam mengikuti PPG.

Modul PPG Kompetensi Pedagogik (Unduh)
Modul PPG Kompetensi Profesional (unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Unduh Modul Daring PPG (Pendidikan Profesi Guru)"