Daftar KD Kurikulum Darurat Covid-19 SD

KD Kurikulum Covid-19

Dalam memaksimalkan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, maka Kemendikbud telah mengumumkan kurikulum Darurat Covid-19. Kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 (unduh).

Kurikulum ini dapat menjadi pilihan sekolah, guna menyederhanakan kurikulum yang telah berlaku sebelumnya. KD pada setiap muatan pelajaran telah diringkas dengan mengambil KD yang esensial atau penting untuk menunjang materi berikutnya.

Adapun daftar KD kurikulum darurat jenjang SD yaitu:
Daftar KD Bahasa Indonesia (unduh)
Daftar KD IPA (unduh)
Daftar KD IPS (unduh)
Daftar KD PPKn (unduh)
Daftar KD SBdP (unduh)
Daftar KD Matematika (unduh)
Daftar KD Pendidikan Agama Hindu (unduh)
Daftar KD PJOK (unduh)

Pada pembelajaran yang berbasis tema, tentu kita harus memilah materi dengan memperhatikan irisan KD kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat. Untuk membuat irisan KD tentu kita harus melihat juga KD kurikulum 2013 yang tertuang dalam Permendikbud No. 37 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 24 tahun 2016 (Unduh).

Untuk mempermudah membuat irisannya, terutama untuk pembelajaran yang menggunakan pendekatan tematik, maka perlu melihat pemetaan KD pada masing-masing tema berikut.
Pemetaan KD kelas 1 s/d 6 Semester 1 (unduh)
Pemetaan KD kelas 1 s/d 6 Semester 2 (unduh)

Irisan KD ini tentu akan sangat berguna ketika akan merancang perangkat pembelajaran, seperti Prota, Promes, Pemetaan KD, Silabus, RPP, dan evaluasi/Soal.

Demikian yang dapat kami bagikan, selamat merancang pembelajaran dengan kurikulum darurat. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan smeua kembali normal kembali.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Daftar KD Kurikulum Darurat Covid-19 SD"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel