Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Belajar dan Pembelajaran Elektronik

sumber belajar

A. Sumber Belajar

Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu orang, media, dan lingkungan. Apabila berbagai sumber belajar dikumpulkan atau dipusatkan di suatu tempat, dikelola, dan dimanfaatkan untuk melayani orang yang belajar, maka tempat itu disebut dengan pusat sumber belajar (PSB). PSB setidaknya mempunyai 7 fungsi, yaitu:

  1. Penyimpanan
  2. Pelayanan 
  3. Penyajian 
  4. Pengembangan
  5. Pelatihan 
  6.  Pembaruan 
  7.  Berbagi

B. Mengenal Pembelajaran Elektronik (E-Learning)

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id) merupakan sebuah portal pembelajaran yang dibuat oleh Pusdatin Kemendikbud yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru, siswa, dan masyarakat. 

Rumah Belajar pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 Juni 2011. Sejak peluncurannya, Rumah Belajar  sudah mengalami banyak perkembangan.  Dari sebuah Sumber Belajar berubah menjadi sebuah portal pembelajaran atau learning management  system (LMS) yang terintegrasi, menjadi sebuah one stop service yang dapat diakses setiap saat.  Sejarah perkembangan Rumah Belajar dapat dilihat pada gambar berikut.

Fitur utama Rumah Belajar, terdiri dari sumber belajar, kelas maya, bank soal, dan laboratorium maya. Selain fitur utama, ada juga fitur pendukung, yaitu peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjutan, edugame, dan blog pena.

2. Akun Pembelajaran

Akun Pembelajaran adalah akun elektronik yang memuat nama akun dan akses masuk akun (kata sandi) yang diterbitkan oleh Kemdikbud dan dapat digunakan oleh siswa, guru, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun Pembelajaran bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah melalui penerapan teknologi dan meningkatkan keterhubungan antara layanan pembelajaran.

Akun pembelajaran dapat digunakan oleh:

  1. Peserta didik (SD, SMP, SMA, SMK dan SLB)
  2. Pendidik (jenjang pendidikan dasar dan menengah)
  3. Tenaga kependidikan (kepala sekolah dan operator)

Jenis Aplikasi yang dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran, yaitu:

  1. Pos elektronik (e-mail) 
  2. Penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik
  3. Pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik
  4. Penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik
  5. Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronus maupun asinkronus
  6. Rumah Belajar Kemendikbud untuk materi
Demikian yang dapat kami bagikan tentang sumber belajar dan pembelajaran elektronik. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Sumber Belajar dan Pembelajaran Elektronik"