Saturday, May 12, 2018

Punya Hasil Penelitian Matematika, tapi bingung untuk seminar? Ikuti kegiatan ini, GRATIS dan DIBIAYAI

Kabar gembira,

PPPPTK Matematika, kembali mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdimat) VI tahun 2018. Tentu kegiatan ini menjadi sebuah wadah bagi insan pendidik untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya.  Kegiatan ini dilaksanakan pada, 15 dan 16 November 2018 di PPPPTK Matematika Yogyakarta.


Latar Belakang
Menyongsong Abad XXI, tantangan yang dihadapi oleh negara di beberapa belahan dunia adalah perubahan cara kita hidup dan bekerja dalam berbagai aspek kehidupan. Pekerjaan yang bersifat teknis-operasional dan manual, akan mulai banyak ditinggalkan dan bergeser pada pekerjaan yang bersifat otomatisasi, digitalisasi dan memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Profesi terkait
Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) akan menjadi profesi yang banyak diminati. Pada tahun 2025 Indonesia akan menerima bonus demografi yaitu jumlah penduduk usia produktif
lebih banyak dari pada jumlah penduduk usia non-produktif.

Indonesia juga berpotensi menjadi kelompok 7 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Sementara itu, hasil PISA 2015 di bidang matematika menunjukkan lebih dari 80% siswa Indonesia berada di bawah level 4 dari 6 level yang diberikan. Hal itu berarti bahwa pada umumnya siswa Indonesia tidak mahir atau kurang menguasai matematika yang dianggap menjadi bekal untuk kesuksesan di masa depannya. Demikian juga dengan Sains yang masih berada jauh di bawah rata-rata internasional. Oleh karena itu, pendidikan kita menghadapi tantangan besar untuk membekali generasi bangsa dengan kecakapan abad XXI yang meliputi keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan tersebut dibangun dan dikembangkan dari keterampilan dasar, yaitu sains, matematika, dan literasi. Pembelajaran dengan mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika, atau yang lebih dikenal dengan STEM yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, menjadi penting untuk dikembangkan. Bagaimana mengintegrasikan matematika dengan sains, teknologi, dan rekayasa sehingga menjadi pembelajaran berbasis STEM?

Dengan dasar tersebut, PPPPTK Matematika menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matemati ke-6 (SeNdiMat VI) dengan tema Peran Pendidikan Matematika dalam Pengembangan Pembelajaran STEM untuk Menyongsong Generasi Emas 2045 melalui Kecakapan Abad XXI.

Tujuan
1. Meningkatkan wawasan serta kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dalam                      mengintegrasikan matematika dengan sains, teknologi, dan rekayasa sehingga menjadi pembelajaran berbasis STEM.
2. Memberikan wawasan, pengetahuan guru dan PTK dalam merancang pembelajaran untuk     meningkatkan kecakapan abad XXI bagi siswa.
3. Memfasilitasi ruang dialog bagi sivitas akademika, pendidik (guru, widyaiswara, dosen), dan   tenaga kependidikan matematika untuk berbagi pengalaman dan bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan matematika.
4. Mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

Peserta
1. Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran)
2. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
3. Widyaiswara matematika
4. Dosen pendidikan matematika/matematika
5. Mahasiswa pendidikan matematika/matematika
6. Tenaga kependidikan matematika
7. Peminat dan pemerhati pendidikan matematika/matematika

Fasilitas
Seluruh peserta mendapatkan seminar kit, sertifikat, makalah yang dipresentasikan diterbitkan dalam
prosiding, konsumsi (snack dan makan siang selama 2 hari).


Gambar Peserta SeNdimat V dari Bali Tahun 2017

Untuk info lebih lengkap dapat mendownload brosur pada link berikut:
atau dapat langsung mengunjungi laman SeNdimat PPPPTK Matematika di http://sendimat.p4tkmatematika.org/

Baca Juga:
Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, jadi update informasinya di web PPPPTK Matematika.
Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon