Tuesday, August 7, 2018

Contoh Best Practice untuk kenaikan Pangkat Guru



Menurut buku 4 Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Guru, Best Practice adalah karya tulis guru yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran. Artinya guru dapat menuliskan laporan tindakan yang terbaik dalam meningkatkan proses dan atau hasil belajar di kelasnya.

Agar makalah dapat diterima dan memperoleh angka kredit, maka harus dibuktikan dengan syarat berikut.
1. Makalah asli atau fotokopi dengan surat pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan.
2. Surat keterangan dari pengelola perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolahnya.

Jika diterima, maka makalah Best Practice memperoleh nilai angka kredit 2. Jika ditolak, maka ada alasan-alasan penolakannya. Misalnya:
1. Makalah belum mengikuti sistematika penulisan sesuai dengan pedoman. Maka akan disarankan untuk memperbaiki makalah dengan memperhatikan sistematika berikut.
a. Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.
b. Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
1)Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah.
2) Bab Kajian Teori/Tinjauan Pustaka.
3) Bab Pembahasan Masalah yang didukung data-data yang ada di satuan pendidikannya.
Yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah kejelasan ide atau gagasan asli si penulis yang terkait dengan upaya pemecahan masalah di satuan pendidikannya (di sekolahnya).
4) Bab simpulan.
c. Bagian Penunjang sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang data yang dipakai untuk menunjang makalah.
2. tidak adanya data pendukung yang memperkuat makalah.

Baca Juga: Pemanfaatan TTS dalam Pembelajaran

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi makalah Best Practice yang pernah saya buat, dan lolos pada kegiatan Forum Kreativitas dan karya Inovatif Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA Tahun 2016. Karya ini juga telah memperoleh angka kredit pada tahun 2017. Untuk mendowload filenya, dapat diklik pada link berikut.

Contoh Best Practice SD (unduh)

Demikian yang dapat saya bagikan, tentu karya saya masih jauh dari sempurna, untuk itu dimohonkan masukkan dari semua pihak. Terima kasih.
Salam Edukasi.

Baca Juga:
Sumber:
Buku 4 Pengembangan Keprofesian berkelanjutan untuk Guru Pembelajar Tahun 2016.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon