Sunday, August 5, 2018

Aplikasi Raport K-13 Semester 1, jadi Solusi Guru SD untuk Memudahkan Laporan Penilaian Hasil Belajar Siswa


Penerapan Kurikulum 2013, menimbulkan berbagai masalah di kalangan guru, utamanya guru sekolah dasar. Salah satunya adalah dalam penyusunan laporan hasil belajar siswa (Raport). Mulai dari menganalisis nilai KD, menentukan predikat, serta membuat deskrisi KD. Masalah utamanya adalah ketika harus menulis raport. Guru tentu harus mengeluarkan tenaga ekstra, padahal semuanya bisa dipermudah dengan adanya teknologi. Misalnya dengan membuat aplikasi raport.

Di Era digital seperti sekarang ini, aplikasi bukan menjadi hal yang asing lagi. Berbagai aplikasi berhasil dikembangkan oleh pengembang, termasuk dalam dunia pendidikan. Di Denpasar-Bali, ada seorang Guru SD, bernama "I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd." telah berhasil mengembangkan sebuah aplikasi raport Kurikulum 2013 berbasis Excel. Namanya Aplikasi Raport Alit Sentanu Belajar Excel (ARASBE). ARASBE sangat mudah digunakan dan sudah sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum 2013 terbaru. Hal ini menjadi nilai tambah, sehingga bermanfaat dan telah dipakai oleh guru-guru SD di berbagai wilayah Indonesia. 

Dalam aplikasi sudah memuat empat aspek penilaian, yaitu aspek sikap spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). Berikut adalah contoh aplikasi Raport semester 1 tahun ajaran 2018/2019.
1. ARASBE Kelas 1 (unduh)
2. ARASBE Kelas 2 (unduh)
3. ARASBE Kelas 3 (unduh)
4. ARASBE Kelas 4 (unduh)
5. ARASBE Kelas 5 (unduh)
6. ARASBE Kelas 6 (unduh)

Jika anda mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini, maka anda dapat menonton video tutorial berikut.

Aplikasi ini, baru bisa aktif setelah Macronya diaktifkan. Bagaimana caranya, tonton video berikut!


Baca Juga:
Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
salam edukasi.

2 komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon