Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 SD

Jadwal Pelajaran disusun berdasarkan Kurikulum satuan pendidikan masing-masing. Struktur Kurikulum 2013 dibuat berdasarkan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 (unduh), sebagai berikut.

Keterangan:
  • Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah.
  • Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat  pula kegiatan ekstrakurikuler sekolah, antara lain Pramuka (Wajib), Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
  • Kegiatan ekstra kurikuler seperti Pramuka (terutama), Unit Kesehatan Sekolah, Palang Merah Remaja, dan yang lainnya adalah dalam rangka mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli. Disamping itu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkret. Dengan demikian kegiatan ekstra kurikuler ini dapat dirancang sebagai pendukung kegiatan kurikuler.
  • Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
  • Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut.
  • Sebagai pembelajaran tematik terpadu, angka jumlah jam pelajaran per minggu untuk tiap matapelajaran adalah relatif. Guru dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan peserta didik dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  • Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  • Khusus untuk matapelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Ibtidaiyah dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.
  • Pembelajaran dilaksanakan secaraTematik-Terpadu
Baca Juga: Pemetaan KD Tematik SD Semester 2

Selain struktur di atas, untuk membuat jadwal, juga harus memperhatikan Permendikbud Nomor 22 tentang standar proses (unduh). Didalamnya telah diatur jam pelajaran tiap jenjang pendidikan. Untuk SD 35 menit per jam pelajarannya.

Berdasarkan Permen di atas, maka dapat dibuatkan jadwal pelajaran sebagai berikut:
Jadwal Pelajaran K-13 (Unduh)

Jadwal di atas terdapat 2 jenis, yaitu ketika siswa kelas 2 masuk pagi dan ketika siswa kelas 2 masuk siang. Yang menjadi masalah adalah ketika kelas 2 masuk siang, maka akan kekurangan jam pelajaran. Maka dari itu, idealnya kelas 2 tetap masuk pagi agar standar proses 35 menit pelajaran per jam tetap bisa terpenuhi, sehingga proses pembelajaran menjadi maksimal dan hasil belajar siswa baik.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang contoh jadwal pelajaran kurikulum 2013 jenjang SD. Bila bermanfaat, mari bersama kita bagikan kepada rekan guru yang lain.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 SD"