Saturday, September 15, 2018

Beasiswa S2 dan S3 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Perencana 2019, ini Syarat dan Ketentuannya

Peningkatan kualitas Aparatus Sipil Negara (ASN) Perencana diarahkan tidak saja hanya pada peningkatan pengetahuan dan keahlian, tetapi juga diarahkan pada perilaku perencana yang profesional. Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) mempunyai tugas dan Fungsi dalam melaksanakan fasilitasi dan pembinaan Jabatan Fungsional Perencana, dan program pendidikan dan pelatihan kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta institusi perencana di pusat dan daerah. 

Peningkatan kompetensi ASN perencana dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan (Diklat) baik gelar maupun non-gelar, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur sipil negara di berbagai bidang perencanaan pembangunan. Program Diklat Gelar terdiri dari program S2 di dalam negeri dan luar negeri, program S2 Linkage (1 tahun di dalam negeri dan 1 tahun di luar negeri), serta S3 baik di dalam dan luar negeri.

Pada tahun 2018, Jumlah peserta yang mengikuti seleksi gelar Pusbindiklatren sebanyak 3.108 orang, dan sebanyak 2.385 yang lulus seleksi administrasi untuk mengikuti proses seleksi akademik. Dari hasil seleksi akademik, terjaring sebanyak 548 calon peserta yang siap ditempatkan untuk program beasiswa gelar, namun hanya sebanyak 450 orang yang bisa ditempatkan dalam Program beasiswa PHRD IV, dan 14 orang untuk peserta split site.

Sejalan dengan fungsinya sebagai instansi pembina jabatan fungsional perencana dan dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN untuk mendukung sinergi perencanaan pusat dan daerah, Kementerian PPN/Bappenas membuka kesempatan bagi para ASN yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, unit perencanaan di kementerian/lembaga, Bappeda atau instansi setingkat yang menangani perencanaan, unit perencanaan di organisasi pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota dan/atau unit kerja lainnya yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan, untuk mengikuti Program Beasiswa yang dikelola Pusbindiklatren Bappenas tahun 2019. Program beasiswa meliputi
pendidikan gelar jenjang S2, baik program dalam negeri, linkage maupun luar negeri, serta jenjang S3 dalam negeri.

Adapun syarat dan ketentuannya dapat dilihat pada tabel berikut.

Untuk lebih jelas, mengenai Beasiswa ASN Perencana ini, dapat dilihat pada buku Panduan Beasiswa bappenas (unduh).

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.