Saturday, December 15, 2018

Seminar Hasil Penelitian Tindakan tahun 2018, Gugus IV Diponegoro

Dalam rangka menjalankan fungsinya, sebagai wadah dalam mengembangkan kompetensi guru, KKG Kelas IV Gugus IV Diponegoro menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Tahun 2018. Penyaji dalam seminar ini diikuti oleh guru-guru di lingkungan Gugus IV Diponegoro. Untuk memeriksa kelayakan laporan PTK agar mendapatkan angka kredit, Panitia menghadirkan Bapak I Gede Sumerta, S. Pd. selaku anggota Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Jembrana. Acara juga dihadiri oleh Bapak Ketua Gugus IV Diponegoro, I Gede Wiarsika Yasa, S. Pd. Dihadiri juga oleh bapak Pengawas Pembina, I GAP Windana, S.Pd.SD, M.Pd.   

Adapun penyaji dalam kegiatan ini, berjumlah 3 orang, yaitu:
Penyaji I: I Wayan Ardika, S. Pd. dari SDN 6 Yehembang (unduh Makalah)
Penyaji II: Ni Made Srindawati, S.Pd dari SDN 5 Yehembang Kauh (unduh Makalah)
Penyaji III: Ketut Gede Astawayasa, S.Pd. SD dari SDN 5 Yehembang Kauh (unduh Makalah)

Adapun Susunan Acaranya sebagai berikut:
07.30-08.00  : Registrasi 
08.00-08.30   : Pembukaan
                        1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
                        2. Doa
                        3. Laporan Ketua Panitia
                        4. Sambutan dari Pengawas Pembina, Sekaligus membuka acara secara resmi
08.30-08.45   : Istirahat Snack
08.45-09.15   : Penyaji 1
09.15-09.45  : Penyaji 2
09.45-10.15   : penyaji 3
10.15-10.45   : Penutupan

Jalannya Kegiatan:
Pukul 07.30 dimulai dengan Registrasi peserta seminar. Peserta, penyaji, dan undangan mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia.


Gambar Peserta Seminar

Pukul 08.00 dilanjutkan dengan acara pembukaan. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Doa dan Laporan Ketua Panitia. Ketua panitia melaporkan, bahwa tujuan kegiatan Seminar ini adalah untuk memfasilitasi guru-guru Gugus IV Diponegoro yang telah melaksanakan penelitian tindakan kelas dan sekolah, sehingga karyanya dapat dipublikasikan dan akhirnya dapat memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat guru. Dana dari kegiatan ini adalah swadaya dari peserta seminar.


Gambar Peserta Seminar Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Gambar Ketua Panitia memberikan Laporan Kegiatan

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pengawas pembina, sekaligus membuka acara seminar secara resmi. Pada sambutannya, Bapak pengawas sangat mendukung kegiatan seminar, dan berharap rutin diadakan setiap tahunnya.


Gambar Pengawas Pembina Memberikan Sambutan dan Membuka Acara

Setelah acara dibuka, semua peserta disilahkan menikmati snack yang telah disediakan panitia. Pada kesempatan ini, bapak narasumber memberikan sedikit arahan, terkait jalannya seminar. Beliau mengatakan bahwa, Seminar penelitian tindakan merupakan salah satu ajang untuk menunjukkan karya, yang bertujuan untuk saling berbagi antar guru. Seminar setidaknya harus terdiri dari 15 peserta yang berasal dari minimal 3 sekolah. Pada saat penyajian, harus ada moderator dan notulisnya.

Baca Juga:
Setelah istirahat snack, pukul 08.45 Penyaji 1 Mempresentasikan hasil PTK yang telah dibuat. Setelah presentasi, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memberikan masukan.


Gambar Penyaji 1 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 09.15, giliran penyaji 2 yang menyampaikan materinya. Beliau mempresentasikan tentang penelitian tindakan sekolah yang telah dilakukan di sekolahnya. sama seperti penyaji 1, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 orang penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memberikan masukan.
Gambar Penyaji 2 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 09.45, Penyaji 3 mempresentasikan Laporan PTK yang telah dibuat. Sama seperti sebelumnya, Setelah presentasi, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memberikan masukan.


Gambar Penyaji 3 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 10.15, Bapak Ketua Gugus IV Diponegoro menutup acara seminar, dengan mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak, yang telah mendukung terlaksananya seminar ini.



Gambar Ketua Gugus IV Diponegoro Menutup Acara

Demikian yang dapat kami laporkan, semoga kegiatan semacam ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Semoga bermanfaat.


Salam Edukasi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon