Thursday, January 3, 2019

Menggambar Dewa Ganesha, Deni dapat Juara I

Tags

Persatuan Acarya Hindu Nusantara (Pandu Nusa) menyelenggarakan Sayembara Siswa Hindu Nusantara (SASIHIRA). Lomba yang bisa diikuti oleh siswa SD adalah lomba menggambar dewa tingkat nasional tahun 2018. Untuk itu, Guru SD Negeri 6 Yehembang melaksanakan seleksi untuk diikutkan dalam lomba tersebut. Akhirnya terpilih I Komang Deni Medi Arta. Dia menggambar Dewa Ganesha.
Dewa Ganesha adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu.  Ia memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. 
Patung dan lukisannya, sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk. Meskipun ia dikenal memiliki banyak atribut, kepalanya yang berbentuk gajah membuatnya mudah untuk dikenali. Ganesa masyhur sebagai "Pengusir segala rintangan" dan lebih umum dikenal sebagai "Dewa saat memulai pekerjaan" dan "Dewa segala rintangan", "Pelindung seni dan ilmu pengetahuan", dan "Dewa kecerdasan dan kebijaksanaan". Ia dihormati saat memulai suatu upacara dan dipanggil sebagai pelindung/pemantau tulisan saat keperluan menulis dalam upacara.
Karyapun dikirim sesuai dengan waktu yang ditentukan panitia. Setelah dilakukan penilaian, dari semua peserta yang mengirimkan karyanya, diperoleh juara sebagai berikut:
Juara 1: I Komang Deni Medi Arta (SDN 6 Yehembang)
Juara 2: I Made Bagus Satria Suputra (SDN Pemecutan)
Juara 3: I Putu Gede Wiguna Saputra (SDN Pemecutan)
Juara Harapan 1: Pramestya Arda Sakti Iswara (SDN Bangsongan II)

Berita bahagia ini, kami terima setelah dihubungi oleh panitia. Akhirnya siswa kami mampu memperoleh juara I. Berikut karyanya:

Gambar Dewa Ganesha
(Karya: I Komang Deni Medi Arta)

Pada tanggal 15 Desember 2018, Pak Made Wiswaham selaku perwakilan Panitia Lomba memberikan hadiah kepada siswa kami.



Baca Juga:
Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu prestasi siswa kami. 

Salam Edukasi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon