Thursday, January 3, 2019

Sekolah di Masa Depanku: Ni Kadek Eva Yuliartini

Tags

Sekolah di Masa Depanku
Oleh: Ni Kadek Eva Yuliartini
(Naskah Olimpiade Literasi Nasional 2017)

      Sekolah adalah tempat menuntut ilmu, mengenal huruf dan angka. Sekolah juga tempat berkenalan dengan teman baru.
         Aku adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Yehembang, yang beralamat di Jalan Bima, Banjar Kaleran, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Keadaan sekolahku sudah cukup baik, tapi masih ada beberapa kekurangan.
          Ketika baru tiba di sekolah, aku melihat pagar sekolah yang telah rusak dan rapuh. Bahkan sudah ada yang roboh. Keindahan sekolahku jadi berkurang karena pagar yang tidak diperbaiki. Harapanku pagar ini segera diperbaiki, sehingga sekolahku tampak indah dari depan. Anjing pun tidak bebas keluar masuk sekolah, sehingga sekolahku aman dan bersih.
          Ruang kelasku berada di sebelah utara, bersebelahan dengan ruang kelas VI dan IV. Kelasku mempunyai meja dan bangku siswa yang lengkap, meja dan kursi guru, lemari buku, dan papan tulis. Jika diperhatikan tembok kelasku sudah kotor. Harapanku agar tembok kelasku di cat, sehingga tampak bersih dan kami menjadi nyaman belajar. Aku juga berharap ruang kelas dapat ditambah, sehingga kelas I dan kelas II bisa mempunyai kelas sendiri. Selama ini kelas I dan kelas II belajar secara bergiliran.
          Di depan kelasku terdapat taman yang cukup luas. Di sana ditanam berbagai macam bunga, seperti bunga kamboja, bunga kembang sepatu, bunga kembang kertas, dan lainnya. Namun sayang, ketika musim kemarau tiba, bunga ini akan layu dan mati karena kekurangan air. Harapanku, nanti airnya menjadi lancar, sehingga pada saat musim kemarau tidak kekurangan air dan bisa tetap menyiram bunga.
            Sekolahku juga mempunyai kantin. Letaknya di sebelah selatan. Kantinnya cukup sempit dan tidak ada tempat duduk, sehingga ketika kita berbelanja dan makan menjadi tidak nyaman. Harapanku ke depan, kantin sekolah diperbaiki, sehingga menjadi lebih besar. Di depan kantin agar dibuatkan tempat duduk untuk makan, sehingga kami bisa makan dengan nyaman.
           Di sebelah timur kantin, terdapat perpustakaan. Di sana banyak terdapat buku ceria dan buku pelajaran. Setiap hari aku berkunjung ke sana. Namun sayang, karena tidak ada petugas perpustakaan, maka buku-buku sering berantakan. Aku dan teman-teman sering merapikannya. Aku berharap suatu saat akan nada petugas perpustakaan yang bertugas menjaga dan merapikan buku-buku, sehingga kami dapat membaca dengan nyaman.
            Dibelakang sekolah terdapat kebun sekolah yang cukup luas. Disana banyak ditanam pohon cokelat, pohon pisang, pohon cengkeh, pohon kelapa, dan pohon cermai. Kebun sekolahku kurang terawat, sehingga pohon-pohonnya ada yang mati. Harapanku seluruh warga sekolah bisa membersihkan dan merawat pohon-pohon yang ada dikebun, agar selalu mendapatkan hasil panen yang banyak. Uang hasil penjualannya dapat digunakan untuk memperbaiki tembok sekolah.
            Harapanku yang terakhir, semoga kami mendapatkan guru baru agar lebih banyak yang mengajar kami. Saat ini kami masih kekurangan guru, yaitu guru kelas II dan III. Hal ini membuat pembelajaran kurang maksimal, karena ada guru yang mengajar rangkap kelas.
            Dengan demikian, sekolahku di masa depan adalah SD Negeri 6 Yehembang yang bersih, aman, lestari dan indah. Bersih karena semua warga sekolah mau menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Aman karena pagar sekolah telah diperbaiki. Lestari karena semua warga sekolah mau menjaga lingkungan sekolah. Indah karena semua warga sekolah mau menjaga keindahan lingkungan sekolah, terutama taman sekolah yang sudah tidak kekurangan air.

Baca Juga:

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon