Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Berjalan Kaki Sudah Termasuk Olahraga?

Gambar Jalan Kaki (media.beritagar.id)

Kita mungkin sering mendengar saran agar kita berjalan kaki beberapa ribu langkah setiap hari. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan manfaat kesehatan. Namun sayang, menurut penelitian Cott Ducharme, yang hasilnya dimuat dalam British Journal of Sports Medicine, tidak semua langkah kaki kita bisa dianggap sebagai olahraga. Dalam penelitian ini, peneliti mencari tahu kegiatan jalan kaki yang kita lakukan dapat memiliki manfaat yang sama dengan olahraga. Penelitian diikuti oleh 76 peserta dengan rentang usia 21 hingga 40 tahun. Penelitian dilakukan dengan mengukur jumlah langkah kaki per menit. Hasilnya, kecepatan 100 langkah kaki per menit, baru dianggap sesuai dengan batas minimal untuk aktivitas fisik intensitas sedang. Kecepatan ini setara dengan 4 kilometer per jam dan membantu kita mengeluarkan energi sekitar 3 METs. MET adalah satuan yang digunakan untuk mengestimasi energi yang dikeluarkan dari setiap melakukan suatu aktivitas (isna-persagi.id). Temuan tersebut menunjukan, bahwa kecepatan berjalan kaki 100 hingga 129 langkah per menit, memungkinkan kita mengeluarkan energi sebesar 3 hingga 5,9 METs. Hal ini masih dianggap sebagai aktivitas fisik intensitas sedang. Tapi, saat dinaikkan menjadi 130 langkah kaki per menit, maka aktivitas itu sudah setara dengan batas minimal untuk melakukan olahraga intensitas tinggi, setidaknya mencapai 6 METs. Pedoman Aktivitas Fisik AS, merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan paling sedikit 150 hingga 300 menit aktivitas fisik intensitas sedang dalam setiap minggunya, atau 75 hingga 150 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi. Hal tersebut sebenarnya bisa dicapai dengan cara rutin berlari. Hasil dari penelitian ini, setidaknya bisa membantu kita mengetahui aktivitas apa saja yang bisa membantu kegiatan olahraga kita.


"Berlari adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang bisa dimasukkan dalam olahraga intensitas sedang atau tinggi. Karenanya rekomendasi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikannya, namun sekedar melengkapinya," ujar Cott Ducharme, selaku pemimpin riset (dikutip dari kompas.com). Berjalan kaki sebagai aktivitas fisik akan membantu seseorang menjadi lebih bugar, walau ia sudah rutin melakukan olahraga lainnya. Nah, agar kegiatan kita menjadi sesuatu yang berarti, cobalah perhatikan kecepatan langkah saat kita berjalan, agar bisa dihitung sebagai olahraga. Berjalan dengan langkah kaki cepat, sangat membantu untuk mengurangi dampak negatif dari gaya hidup pasif. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk menghitungnya. Tapi, jika tak memiliki aplikasi tersebut, kita dapat menghitungnya secara manual dengan bantuan jam.
Sumber:
Kompas.com
isna-persagi.id
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Apakah Berjalan Kaki Sudah Termasuk Olahraga?"