Wednesday, May 8, 2019

Cara Ganti Buku Rekening BOS, Jika Terjadi Pergantian Kepala Sekolah/Bendahara

Hallo, Sahabat Bendahara BOS!
Bagaimana Kabarnya?
Tentu baik-baik saja bukan?

Syarat merubah rekening bos


Kali ini kami akan berbagi, cara mengganti buku rekening BOS bila terjadi pergantian kepala sekolah atau bendahara BOS. Tentu mutasi pegawai perlu dilakukan sebagai upaya untuk penyegaran dan peningkatan kinerja pegawai atau instansi. Namun, dengan adanya mutasi, tentu beberapa administrasi sekolah harus diperbaharui, salah satunya rekening BOS. Nah, apa saja syarat yang diperlukan? Tentu masing-masing bank daerah mempunyai kebijakan yang berbeda terkait ini, namun berdasarkan pengalaman yang kami alami di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:
  1. Membawa SK Mutasi (Penempatan) Kepala Sekolah
  2. Fotocopy KTP Kepala Sekolah dan Bendahara BOS
  3. Surat Penunjukkan sebagai Bendahara BOS
  4. Stempel Sekolah
  5. NPWP Sekolah (Jika ada)
  6. Profil Sekolah
  7. Materai Rp6.000,00 (Jaga-jaga jika tidak disediakan Bank)
Khusus untuk di Bali, sebelum merubah rekening, harap dicek terlebih dulu kode rekeningnya, karena seperti yang kami temui di Jembrana, jika ingin merubah rekening, harus dengan cabang BPD yang mempunyai kode tersebut. Contohnya:
  • Kode Rekening 016 dapat dirubah di BPD Negara, Melaya, dan Yehembang (Mendoyo)
  • Kode Rekening 042 hanya dapat diubah di BPD Pekutatan.

Memang kedengarannya lucu, jika di zaman yang serba digital ini, BPD Bali masih belum bisa membuat data yang mudah diakses oleh semua cabang. Namun inilah sistemnya, yang penting kita tahu, sehingga dapat memudahkan langkah kita.

Demikian yang dapat kami informasikan, smeoga bermanfaat untuk sahabat bendahara semua. 

Salam Edukasi!

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.