Monday, July 15, 2019

Dari Pegunungan Ke Nasional, Siswa dan Guru SDN 12 Buwun Mas Lolos FL2N SD dan Inobel SD 2019

Tags

Festival dan Lomba Literasi (FL2N) SD 2019 akan dilaksanakan pada Tanggal 25 s/d 29 Juli 2019 di Kota Tanggerang, Banten. Peserta yang diundang adalah peserta yang telah lolos seleksi berdasarkan kategori yang diikuti. Adapun daftarnya dapat dilihat pada file berikut!

Pada tahun ini, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meloloskan 5 orang siswanya, salah satunya berasal dari SDN 12 Buwun Mas. Ia adalah Yaman Sultan. Siswa Kelas V ini merupakan siswa yang pendiam, sederhana, dan baik. 
Yaman Sultan
Walaupun ia bersekolah di daerah pegunungan yang terpencil, namun tidak mematahkan semangatnya untuk belajar. Berkat bimbingan dan arahan gurunya, Putu Sudarma, S, Pd., Gr. akhirnya ia mampu lolos sebagai salah satu peserta FL2N SD 2019.

SDN 12 Buwun Mas
Ia lolos dalam bidang lomba baca puisi. Sahabat mari kita simak puisi yang ia bacakan, yaitu puisinya Chairil Anwar yang berjudul Doa.



"Saya merasa bahagia dan bangga atas prestasinya, berharap kedepannya dia makin berprestasi dan menjadi inspirasi bagi teman-temannya," kata Putu Sudarma, S. Pd., Gr.
Putu Sudarma, S. Pd., Gr.
Namun, Putu sempat bingung, pasalnya di saat yang bersamaan, Guru Garis Depan (GGD) asal Buleleng Bali ini, juga lolos dalam Perlombaan Inovasi Pembelajaran Guru SD 2019. Namun ia akhirnya memilih untuk berangkat ke Surabaya untuk mengikuti workshop Perlombaan Inobel 23 s/d 26 Juli 2019. Sedangkan Sultan berangkat bersama guru lainnya. 

Sungguh luar biasa, walapun sekolahnya ada di atas pegunungan, tetap mempunyai siswa dan guru yang berprestasi. Keadaan bukanlah alasan untuk tidak berkarya dan berprestasi. Semoga Sultan dan Putu Sudarma bisa mendapatkan hasil terbaik di ajangnya masing-masing. Dan semoga mereka mampu memotivasi siswa dan guru yang ada di Lombok Barat dan sekitarnya untuk terus belajar dan berkarya.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.