Monday, July 15, 2019

Pengumuman Naskah terpilih Inobel SD 2019, Agung Adhitya Satu-satunya Wakil Bali di Nasional

Tags

Perlombaan Inovasi Pembelajaran untuk guru Dikdas (SD dan SMP) rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kemendikbud melalui Dirjen GTK. Bagi yang ingin ikut harus membuat akun terlebih dahulu di https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id. Kemudian mendaftar dan mengirim naskah melalui akun masing-masing.

Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat NasionalTahun 2019, yaitu:
  1. memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
  3. menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
  4. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding ataujurnal;
  6. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.
Pada Tahun 2019 telah melalui tahap seleksi naskah dan terpilih 180 peserta untuk kategori SD.. Adapun Daftarnya dapat dilihat di bawah ini!



Peserta terpilih akan mengikuti Workshop Perlombaan Inovasi Pembelajaran SD Tahun 2019. Setelah mengikuti workship, maka peserta diminta menyempurnakan naskahnya, kemudian akan dipilih 34 peserta terbaik setiap kategori untuk maju ke babak final.

Tahun ini Provinsi Bali hanya diwakili oleh 1 orang, yaitu Anak Agung Putu Agung Adhitya Satria Utama, S. Pd. Beliau bertugas di SDN 3 Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Baginya, lomba ini bukan yang pertama. Pada Tahun 2015 dan 2016 ia telah menjadi Finalis. Namun karena kesibukannya, pada tahun 2017 dan 2018 sempat off dalam kegiatan ini. "Semoga Tahun ini bisa jadi finalis lagi," Ujar Pria yang akrab dipanggil Agung ini.

Anak Agung Putu Agung Adhitya Satria Utama, S. Pd. 
"Awalnya ragu akan lolos karena saingan pasti banyak media yang bebasis IT. Semoga tahun depan bisa membuat media pembelajaran berbasis IT. Kalau tahun ini, nanti saat workshop bisa memperbaiki naskah dengan meminimalisir similiarty dan memperbaiki sitasi yang masih kurang. Semoga nanti bisa lolos ke tahap selanjutnya (finalis)," Lanjutnya.

Similarity merupakan tingkat kesamaan tulisan dengan tulisan lainnya (Plagiat), terutama yang ada di internet. Biasanya batas yang masih diperbolehkan maksimal 40%. Sedangkan Sitasi merupakan kesesuaian antara kutipan dengan daftar rujukan/pustakanya. Jadi bila mengutip sebuah tulisan, maka harus mencantumkan rujukannya di daftar pustaka. Jangan sekali-kalai mencantumkan daftar rujukan yang tidak dipakai dalam tulisan. Semakin besar nilai sitasi, maka semakin bagus.

Keberhasilan Agung sebagai satu-satunya wakil Bali dalam Perlombaan Inobel 2019, tentu tidak lepas dari dukungan rekan-rekan guru SDN 3 Tegalcangkring, terutama Ibu kepala sekolah.
Nyoman Sutarmi, S.Pd. (Kepala SDN 3 Tegalcangkring)
Workshop akan dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 26 Juli 2013 di Hotel Aria Centra, Surabaya. Semoga Agung bisa lolos ke Tahap Final dan bisa jadi Juara tahun ini dan semoga tahun depan lebih banyak lagi wakil Bali khususnya Jembrana yang bisa lolos ke Nasional.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.