Thursday, August 22, 2019

Cara Setting Mesin Absen Sidik Jari Terkoneksi BKPSDM Jembrana

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Non PNS di Kabupaten Jembrana, khususnya yang bertugas di Sekolah Dasar, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana mulai menggunakan mesin absen sidik jari di sekolah. 

Dalam rangka persiapan penggunaan absen tersebut, maka Dinas Dikpora yang bekerjasama dengan rekanan pengadaan barang melaksanakan sosialisasi pemasangan dan penggunaan absen sidik jari. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2019, bertempat di Hotel Jimbarwana.

Absen sidik jari ini akan dikoneksikan ke server Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jembrana. Server yang dimaksud adalah Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), yaitu https://simpeg.jembranakab.go.id/SIMPEG.html.
SIMPEG Jembrana
Tampilan Laman SIMPEG
Adapun cara koneksinya, yaitu:
  • Operator Sekolah membuat akun SIMPEG (bila belum punya) di BKPSDM Kabupaten Jembrana dengan membawa SK Operatos atau surat Tugas.
  • Setelah mempunyai akun, Operator Sekolah dapat login menggunakan akun yang terdaftar.
  • Setelah login, maka akan muncul nama-nama guru dan pegawai yang ada di sekolah tersebut,  termasuk guru Agama yang ada di bawah naungan Kemdikbud (Wajib ikut). Klik salah satu yang ingin dibuatkan PIN absen.
  • Pilih menu paling bawah, klik tanda pensil, kemudian klik buat pin
  • Setelah PIN muncul, klik simpan. 
  • Untuk lebih jelas dapat melihat pada file berikut!

  • Masukkan PIN ke absen sidik jari, melalui langkah-langkah berikut:

  • Setelah semua guru dan pegawai masuk sebagai user di mesin absen sidik jari, maka absen sudah bisa digunakan. Bagi sekolah yang mudah mengakses jaringan internet, maka dapat menghubungkan absen dengan kabel lan ke modem, dan data akan dapat ditarik oleh langsung oleh bagian Data BKPSDM Kabupaten Jembrana melalui https://hadir.jembranakab.go.id. Bagi sekolah yang mengalami kesulitan jaringan internet, maka dapat mengambil data absensi dari mesin absen sidik jari dengan Flasdisk. Berikut caranya:

(unduh)
Untuk Lebih Jelas, tonton video berikut!


Apabila ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan dapat menghubungi:
Demikian yang dapat kami bagikan, smeoga bermanfaat.
Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)