Monday, October 7, 2019

Langkah-langkah Perencanaan Evaluasi Pembelajaran

Untuk mengukur kualitas pembelajaran, guru dapat memberikan evaluasi kepada siswa. Namun sebelum melaksanakan evaluasi, guru perlu merencanakannya. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam merencanakan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa? 

Berikut langkah-langkahnya.
  1. Menentukan tujuan evaluasi: untuk menilai proses pembelajaran (formatif) atau untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi (sumatif) atau untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran (diagnostik).
  2. Mengidentifikasi Kompetensi Dasar: Guru menentukan Kompetensi Dasar yang akan dinilai.
  3. Menyusun Kisi-kisi Soal: Kisi-kisi soal harus mewakili kurikulum sebagai sampel dari hal yang akan dinilai oleh guru, komponen soal harus jelas serta mudah dipahami, soal hendaknya dibuat sesuai indikator soal.
  4. Mengembangkan Draf Instrumen: Instrumen penilaian dapat disusun dalam bentuk nontes atau tes.
  5. Menguji Validitas Soal: validasi soal harus diuji coba di lapangan untuk mengukur sejauh mana kualitas soal yang telah dibuat.
  6. Membuat Soal: Setelah melakukan uji coba soal, maka guru perlu melakukan revisi sesuai tingkat proporsi, memperbaiki aspek bahasa, mengubah item soal, bahkan membuang soal yang dianggap tidak perlu, kemudian membuat soal.
Contoh kisi-kisi soal k13
Contoh Format Kisi-kisi Soal (unduh)
Demikian yang dapat kami bagikan, smeoga bermanfaat dalam merencanakan evaluasi hasil belajar siswa.
Salam edukasi.

Sumber: Atmaja, Nanda Pramana. 2016. Evaluasi Belajar-Mengajar. DIVA Press: Yogyakarta.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)