Sunday, October 6, 2019

Unduh Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS 2019

Dalam pembelajaran Kurikulum 2013 saat ini, diarahkan agar siswa mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS). HOTS merupakan proses berfikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar.

Terdapat 3 aspek keterampilan HOTS, yaitu:
  1. Sebagai Transfer Knowlegde, yaitu keterampilan berpikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam proses pembelajaran.
  2. Sebagai Critical dan Creative Thinking, yaitu keterampilan yang dikerahkan dalam memecahkan persamalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis,  menginvestigasi, dan menyimpulkan.
  3. Sebagai Problem Solving, yaitu keterampilan yang memiliki keinginan kuat untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari.

Transfer Knowlegde

Aspek Kognitif

  • Dimensi Kognitif

  • Proses Kognitif
HOTS
Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa proses kognitif yang termasuk HOTS dimulai dari C4: menganalisis, C5: menilai/mengevaluasi, dan C6: mengkreasi/mencipta. 

Untuk melihat kata kerja operasional dari masing-masing proses kognitif dapat melihat tabel berikut.
Kata Kerja Operasional

Berdasarkan Kata kerja Operasional (KKO) di atas, maka kita dapat menentukan proses kognitif dengan mudah.

Aspek Afektif


Berdasarkan tabel di atas, terdapat 5 aspek proses afektif. Untuk melihat KKO masing-masing proses afektif dapat melihat tabel berikut.

Aspek Psikomotor


Berdasarkan tabel di atas, terdapat 5 aspek proses berpikir Psikomotor. Untuk melihat KKO-nya dapat membaca tabel berikut.

Critical dan Creative Thinking

Elemen dasar tahapan keterampilan berpikir kritis disebut FRISCO.
Berpikir kreatif dapat berupa pemikiran imajinatif, menghasilkan banyak kemungkinan solusi, berbeda, dan bersifat lateral.



Problem Solving

  1. Menentukan masalah, dengan mendefinisikan masalah, menjelaskan permasalahan, menentukan kebutuhan data dan informasi yang harus diketahui sebelum digunakan untuk mendefinisikan masalah sehingga menjadi lebih detail, dan mempersiapkan kriteria untuk menentukan hasil pembahasan dari masalah yang dihadapi.
  2. Mengeksplorasi masalah, dengan menentukan objek yang berhubungan dengan masalah, memeriksa masalah yang terkait dengan asumsi dan menyatakan hipotesis yang terkait dengan masalah.
  3. Merencanakan solusi dimana peserta didik mengembangkan rencana untuk memecahkan masalah, memetakan sub-materi yang terkait dengan masalah, memilih teori prinsip dan pendekatan yang sesuai dengan masalah, dan menentukan informasi untuk menemukan solusi.
  4. Melaksanakan rencana, pada tahap ini peserta didik menerapkan rencana yang telah ditetapkan.
  5. Memeriksa solusi, mengevaluasi solusi yang digunakan untuk memecahkan masalah.
  6. Mengevaluasi, dalam langkah ini, solusi diperiksa, asumsi yang terkait dengan solusi dibuat, memperkirakan hasil yang diperoleh ketika mengimplementasikan solusi dan mengkomunikasikan solusi yang telah dibuat.
Untuk lebih lengkap tentang pembelajaran dan Penilaian HOTS, maka dapat mengunduh file buku berikut.
  • Buku Pembelajaran HOTS (unduh)
  • Buku Penilaian HOTS (unduh)
Demikian yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/pkp

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)