Sunday, October 6, 2019

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 2019

Kabar gembira!
Gerakan Menulis Buku Indonesia, Senyala Foundation menyelenggarakan Gerakan sekolah Menulis Buku Chapter IV: Nasional 2019. 
Gerakan Sekolah Menulis Buku

Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) merupakan sebuah inovasi dan pengembangan program literasi di tingkat sekolah. Gerakan ini terdiri dari beberapa program, seperti Lomba Menulis puisi, cerita pendek, dan artikel bebas , Penerbitan Buku, Peluncuran Buku, Lokakarya dan Seminar, Penganugerahan Juara serta diakhiri oleh aksi donasi Semangat Sejuta Buku.

Ketentuan Umum 

Peserta Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter IV: Nasional merupakan siswa dan guru SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/sederajat yang dikoordinasi secara terpadu oleh masing-masing sekolah (tim Literasi Sekolah)

Setiap sekolah mengirimkan perwakilan minimal 50 siswa setiap kategori penulisan, agar karya dapat diterbitkan menjadi buku antologi. Maksimal pendaftaran adalah seluruh siswa dalam satu sekolah.

Sekolah yang mengirimkan 300 peserta atau lebih, mendapat fasilitas tambahan yaitu 100 karya terbaik dari sekolah akan diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan didistribusikan secara internasional di Google Playbook.

Sekolah diperbolehkan memilih setiap kategori penulisan puisi, cerita pendek, maupun artikel bebas. Khusus SD/sederajat hanya bisa mengikuti kategori penulisan puisi. Pendaftaran keikutsertaan Rp. 40.000 per siswa, dengan fasilitas sebagai berikut.
  1. Karya diterbitkan menjadi buku ber-ISBN
  2. 1 Eksemplar Buku karya siswa bersama tokoh Nasional
  3. E-Piagam Penulis
  4. E-sertifikat Kompetensi Menulis
  5. E-Piagam Donatur
  6. Sudah termasuk donasi Semangat Sejuta Buku
  7. Workshop Menulis Online + E-Sertifikat Workshop
  8. Karya siswa akan diterbitkan dalam satu buku bersama: Sapardi Djoko Damono (Sastrawan Indonesia), Najeela Shihab (Inisiator Semua Murid Semua Guru), Khrisna Pabhicara (Penulis buku Best Seller), Aan Mansyur (Penulis Buku Best Seller), Okky Madasari (Pemenang Sastra Khatulistiwa Award), Gunawan Tri A. (Sastrawan Indonesia), Rosalina Intan P. (Duta Bahasa Nasional 2018), Elizabeth Sudira (Duta Bahasa Nasional 2011), dan Lenang Manggala (Sociopreneur, Penulis).
  9. Kupon Berhadiah Langsung: 1 Laptop, 3 Smartphone, 10 Voucher Diskon Belanja, 50 Tshirt, 100 Buku, 1000 Paket E-Book.
Sekolah melakukan pendaftaran dengan cara mengisi formulir online pada tautan berikut: bit.ly/DaftarGSMB

Perlombaan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu Tingkat Sekolah dan Tingkat Nasional. Juara 1, 2, dan 3  tingkat sekolah akan menjadi wakil sekolah ke tingkat nasional. Di tingkat nasional akan dicari juara 1, 2, dan 3.

Sekolah boleh mengirimkan 1 kategori (hanya puisi) atau ketiga-tiganya (puisi, cerpen, dan artikel). Khusus SD/sederajat hanya bisa mengikuti kategori penulisan puisi

Pendaftaran paling lambat tanggal 15 Oktober 2019.

Untuk lebih jelas tentang Gerakan Sekolah Menulis Buku ini, dapat mengunduh Juknisnya pada tautan berikut.
Juknis GSMB Tingkat SD  (unduh)
Juknis GSMB Tingkat SMP (unduh)
Juknis GSMB Tingkat SMA (unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam Literasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)