Saturday, October 5, 2019

Aplikasi Analisis Penilaian Kurikulum 2013

Penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik berupa penilaian harian (PH). Sedangkan yang dilakukan oleh satuan pendidikan berupa Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US).

Setelah melaksanakan penilaian, tentu perlu menganalisis hasil tes, untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa dan tingkat kesukaran dan kevalidan soal yang diberikan. Hasil analisis ini kemudian digunakan sebagai bahan untuk melakukan remidial atau pengayaan. Remidial diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai dibawah KKM sedangkan pengayaan diberikan kepada siswa yang mempunyai nilai di atas KKM.

Untuk mempermudah dalam menganalisis hasil tes siswa, Bapak Alit Sentanu telah membuat aplikasi Analisis Penilaian yang dapat digunakan oleh semua guru secara gratis. Aplikasi ini berbasis Microsoft Excel dan sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga: Aplikasi Rapot Semester 1

Bagi sahabat yang kesulitan dalam menganalisis hasil tes siswa, dapat menggunakan aplikasi berikut.
Aplikasi Analisis Penilaian Semester 1 (unduh)
Aplikasi Analisis Penilaian Semester 2 (unduh)

Aplikasi di atas dapat disesuaikan dengan bentuk tes yang digunakan pada sekolah masing-masing. Misalnya untuk PTS, PAS, dan PAT, bila menggunakan tes tersendiri atau per muatan dapat menggunakan analisis Mata Pelajaran. Bila Menggunakan pertema, maka dapat menggunakan analisis per tema.


Ingat sebelum menggunakan aplikasi ini harus mengaktifkan Macro terlibih dahulu. Biasanya sudah langsung muncul di bagian atas.

Analisis Penilaian K13
Tampilan Depan Aplikasi
Bila Macro sudah aktif, maka akan muncul pesan seperti ini.
Analisis Penilaian K13
Tampilan Pesan Aplikasi Siap digunakan
Klik Ok, maka aplikasi siap digunakan. Lengkapi datanya, Nama kepala sekolah, Mapel, Nama sekolah, Kelas, Jumlah siswa, kota/Kabupaten, tanggal, dan tahun pelajaran.

Baca Juga: Aplikasi Rapot Semester 2

Kemudian Klik Analisis Penilaian, pilih identitas siswa dan pemetaan KD. Masukkan nama siswa saja (nomornya otomatis), kemudian pilih KD sesuai dengan soal yang muncul. Kemudian masukkan bobot soalnya.  Jika sudah klik Mata Pelajaran, masukkan hasil jawaban siswa sesuai dengan bobot yang telah ditentukan.
Langkah mengisi data siswa dan soal
Jika sudah selesai, maka semua akan otomoatis, mulai dari jumlah jawaban benar, jumlah jawaban salah,  Persentase salah, tingkat kesukaran, rata-rata nilai, nilai KD, nilai tertinggi dan nilai terendah.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam Edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)