Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Cipta Puisi Khusus Untuk Guru Se-Bali 2019, Berhadiah Total 11 Juta Rupiah


Kabar Gembira untuk guru-guru di Bali. Dermaga Seni Buleleng menyelenggarakan Lomba Cipta Puisi khusus untuk guru-guru yang ada di Bali. Hadiahnya juga lumayan lo!!! Total hingga 11 Juta Rupiah.

Guru merupakan salah satu ujung tombak dalam upaya menggerakkan literasi nasional, khususnya Gerakan Literasi Sekolah. Sebagai salah satu penggerak, guru tentu harus nmemiliki kemampuan literasi, salah satunya adalah literasi baca-tulis. Untuk itu, Dermaga Seni Buleleng (DSB) mengundang para guru se-Bali mengikuti lomba cipta puisi dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Lomba cipta puisi ini khusus untuk para guru WNI yang masih aktif mengajar di sekolah (tetap maupun honorer) se-Bali, dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah yang bersangkutan. Lomba ini tidak berlaku untuk pengajar ekstrakurikuler.
  2. Puisi bertema bebas. 
  3. Panjang puisi maksimal dua halaman.
  4. Puisi ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik dalam Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran font 12 dan spasi satu. 
  5. Tiap peserta boleh mengirim lebih dari satu puisi (maksimal tiga puisi).
  6. Puisi adalah karya sendiri, tidak sedang diikutkan dalam lomba, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun baik di media cetak maupun internet. 
  7. Puisi disertai biodata penulis dan surat keterangan kepala sekolah dikirim dalam satu file (dengan cara attachment) kepada panitia lewat email: puisiguru@gmail.com
  8. Pengiriman naskah dibuka dari tanggal 15 Oktober hingga 20 November 2019 (pukul 24.00 wita).
  9. Dewan Juri lomba cipta puisi ini adalah Dewa Putu Sahadewa, Gde Artawan, dan Wayan Jengki Sunarta.
  10. Dewan Juri akan menetapkan tiga puisi pemenang, sepuluh puisi nominasi, dan sejumlah puisi pilihan. Puisi-puisi tersebut akan diterbitkan dalam sebuah buku antologi puisi.
  11. Hadiah untuk guru yang puisinya menjadi pemenang adalah uang tunai (Juara I Rp 3 juta, Juara II Rp 2 juta, Juara III Rp 1 juta), piagam, dan buku antologi puisi. 
  12. Hadiah untuk guru yang puisinya masuk nominasi adalah uang tunai (@Rp 500 ribu), piagam, dan buku antologi puisi. 
  13. Hadiah untuk guru yang puisinya masuk katagori pilihan adalah piagam dan buku antologi puisi.
  14. Pengumuman pemenang, penyerahan hadiah, dan peluncuran buku antologi puisi akan diadakan pada tanggal 28 Desember 2019 di Rumah Dinas Gubernur Bali (Jayasabha, Denpasar). 
  15. bila ada yang belum jelas, dapat ditanyakan melalui email panitia.

Demikian yang dapat kami bagikan, mari sahabat guru yang ada di Bali, kita ramaikan ajang ini. Siapkan karya terbaikmu.
Salam literasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.