Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosiding Simposium Nasional PPPPTK IPA 2018 dan 2019

Prosiding Seminar

Prosiding merupakan kumpulan makalah hasil seminar yang diterbitkan dalam buku ber-ISBN. Selain hasil seminar, makalah simposium pun  bisa dijadikan prosiding. 

Pada tahun 2018 dan 2019, PPPTK IPA telah melaksanakan program Simposium Nasional bagi guru dan tenaga kependidikan IPA. Simposium merupakan sebuah forum ilmiah untuk menukarkan gagasan atau ide-ide secara bebas.

Simposium Nasional PPPPTK IPA 2018, dilaksanakan tanggal 26 s/d 29 November 2018. Simposium ini bertujuan untuk mengembangkan diri para guru melalui penyusunan berbagai karya inovatif dalam pembelajaran IPA sekaligus sebagai sarana untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah dihasilkan.

Seluruh makalah Simposium PPPTK IPA 2018 diterbitkan dalam sebuah prosiding. Prosiding ini disusun untuk mengomunikasikan dan menyebarluaskan hasil-hasil kajian dan penelitian berupa pengalaman-pengalaman terbaik para guru IPA dalam mengimplementasikan pembelajaran IPA berbasis inkuiri, implementasi pendidikan karakter, dan implementasi ICT dalam pembelajaran IPA. Prosiding ini diharapkan menjadi sarana dan media bagi para peneliti, pemikir, dan pemerhati pendidikan untuk saling berdiskusi, bertukar gagasan mengenai hasil penelitian guna peningkatan kualitas pembelajaran IPA di Indonesia.

Berlanjut pada tahun 2019, PPPTK IPA melaksanakan Seminar Internasional untuk pendidik dan tenaga kependidikan IPA. Seminar ini dilaksanakan di Bandung, 8 s/d 10 Mei 2019. Seminar ini mengambil tema, “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan.” 

Semua makalah seminar diabadikan dalam bentuk prosiding. Prosiding disusun untuk mengomunikasikan dan menyebarluaskan hasil-hasil kajian dan penelitian berupa best practice bidang pendidikan IPA. Selain itu, prosiding ini diharapkan dapat menajdi sarana dan media bagi para peneliti, pemikir, dan pemerhati pendidikan agar saling berdiskusi, bertukar gagasan mengenai hasil penelitian guna peningkatan kualitas pembelajaran IPA di Indonesia.

Prosiding hasil kegiatan Simposium dan Seminar PPPPTK IPA di atas dapat dijadikan contoh dalam menyusun karya ilmiah untuk mengikuti seleksi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PPPPTK IPA di tahun-tahun berikutnya.

Demikian yang dapat bagikan, semoga ditahun-tahun berikutnya PPPTK IPA tetap melaksanakan kegiatatan Seminar Nasional atau Simposium Guru Nasional.

Salam Edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Prosiding Simposium Nasional PPPPTK IPA 2018 dan 2019"