Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN)

KSN

Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang dulu disebut Olimpiade Sains Siswa Nasional (O2SN) segera bergulir. Untuk itu, bagi sahabat guru tentu harus banyak memberikan soal latihan kepada siswanya yang akan ikut ajang ini.

KSN SD 2020 melombakan 2 bidang, yaitu bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa.

Sebagai bahan latihan, kali ini kami akan bagikan beberapa soal latihan, baik yang saya gunakan dalam seleksi di sekolah, seleksi tingkat kecamatan, dan tingkat kabupaten. Soal ini hanya contoh dan telah digunakan pada tahun-tahun sebelumnya dan dapat dijadikan gambaran soal pada tahun berikutnya.

Contoh soal KSN SD IPA
Soal latihan 1 (unduh)
Soal latihan 2 (unduh)
Soal latihan 3 (unduh)
Soal Olimpiade Tingkat Kecamatan (unduh)
Soal Olimpiade Tingkat Kabupaten (unduh)

Contoh soal KSN SD Matematika
Soal latihan 1 (unduh)
Soal latihan 2 (unduh)
Soal Olimpiade Tingkat Kecamatan (unduh)

Itulah beberapa soal yang masih saya simpan dan dapat digunakan sebagai latihan dalam persiapan mengahadapi KSN SD di tingkat Kecamatan dan kabupaten.


Bila artikel ini bermanfaat, mari bagikan ke sahabat yang lain. 

Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN)"