Cara Singkronisasi Dapodik 2020.b Biar Tidak Error

Sesuai dengan bulku pedoman Dapodik versi 2020.b, maka agar operator dapat melakukan sinkronisasi, maka diperlukan akun kepala sekolah.


Pada Aplikasi Dapodik versi 2020.b, sebelum kepala sekolah melakukan sinkronisasi,  maka kepalsa sekolah dapat mengecek datanya terlebih dahulu pada lembar konfirmasi sinkronisasi. Hal ini bertujuan agar kepala sekolah lebih teliti khususnya dalam hal keakuratan dan kebenaran data yang dikirimkan ke server Dapodik.

Untuk memulai sinkronisasi, operator dapat login memakai akun kepala sekolah atau gunakan fitur tukar pengguna (baca panduan pada hal. 34). Kemudian klik sajian sinkronisasi, maka akan tampil beranda lembar konfirmasi. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.

Akan tampil lima tabel yaitu tabel GTK, pembelajaran, penerima didik, sarana dan prasarana, dan sekolah.

Klik tombol tampilkan untuk menampilkan detail per tabel. Pastikan centang semua isian. Jika ada isian yang belum dicentang, konfirmasi tidak sanggup dilakukan dan tidak sanggup melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika sudah mencentang semua isian, klik tombol konfirmasi dan klik tombol lanjut.

Selanjutnya pastikan data yang dikonfirmasi sudah sesuai sebelum melaksanakan sinkronisasi. Berikut adalah tampilan persetujuan pengiriman data. Klik tombol lanjutkan sinkronisasi untuk melanjutkan.


Tahap berikutnya adalah maklumat integritas kepala sekolah. Maklumat ini berisi pernyataan bahwa data yang dikirim ke server Dapodik merupakan benar dan sesuai dengan fakta di sekolah. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.

Selanjutnya akan tampil laman sinkronisasi. Klik tombol sinkronisasi seperti versi sebelumnya. Tunggu sampai proses selesai.



Demikian cara sinkronisasi aplikasi Dapodik versi 2020.b memakai akun Kepala Sekolah. Semoga bermanfaat. 
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Singkronisasi Dapodik 2020.b Biar Tidak Error"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel