Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK 2020

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK Tahun 2020. Lomba ini diharapkan dapat menciptakan kreasi baru model pembelajaran pendidikan agama dalam rangka menanamkan nilai-nilai kedamaian yang berbasis pada teknologi informatika dan dapat menginspirasi guru-guru lain di Indonesia.

Peserta Lomba
Peserta dalam Lomba Inovasi Pembelajaran ini adalah Guru Pendidikan Agama (Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu) pada sekolah umum (TK, SD, SMP), Madrasah (RA, MI, MTs.), maupun Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) baik PNS maupun NonPNS yang masih aktif mengajar dibuktikan dengan surat keterangan aktif mengajar dari sekolah bersangkutan.

Karya Lomba
Karya yang dapat dibuat untuk mengikuti lomba ini dapat berupa bahan ajar atau sumber ajar yang akan dijadikan bahan ajar oleh para guru dalam mendiseminasikan moderasi beragama, dalam bentuk Power Point ( dalam bentuk video atau slide show) atau Video (Animasi, Film Pendek, Dokumenter, Dan lain-lain dengan durasi waktu 7 menit). Jadi bisa dipilih sesuai dengan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar.

Tema Lomba
Tema dalam lomba ini adalah Internalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama. Adapun terdapat 7 subtema pilihan sebagai berikut.
  1. Kebangsaan
  2. Keragaman
  3. Kearifan Lokal
  4. Toleransi
  5. Damai Itu Indah
  6. Cinta Tanah Air
  7. Melawan Hoax

Ketentuan Keikutsertaan Lomba
Adapun beberapa ketentuan yang harus dipenuhi peserta lomba, yaitu:
  1. Lomba bersifat individual (perorangan)
  2. Peserta merupakan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama (Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu) TK/PAUD, SD/MI sederajat, dan SMP/MTs sederajat maupun Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) baik PNS maupun NonPNS yang masih aktif dibuktikan dengan surat keterangan aktif mengajar dan rekomendasi dari kepala sekolah masing-masing.
  3. Karya lomba belum pernah diikutsertakan pada lomba apapun sebelumnya.
  4. Setiap peserta hanya dizinkan mengirimkan 1 (satu) karya saja.
  5. Karya lomba harus asli (orisinil) buatan peserta sendiri.
  6. Harus menampilkan satu KD Kurikulum 2013 yang berlaku dan dikaitkan dengan menanamkan salah satu nilai pada subtema.
  7. Mengisi dan melampirkan Form Biodata Peserta, Surat Keterangan dan Rekomendasi Kepala Sekolah, Surat Keterangan Keaslian Karya Lomba.
Cara Pengiriman Karya
Adapun cara mengirimkan karya sebagai berikut.

  1. Jika karya dalam bentuk video, peserta wajib mengunggah karya ke youtube dengan subjek #moderasidarisekolah_nama peserta_namasekolah
  2. Jika karya dalam bentuk ppt, peserta wajib mengirimkan karya ke email: agamabudayabnpt@gmail.com.
  3. Peserta juga mengirimkan kelengkapan berkas yaitu Surat Keterangan dan Rekomendasi  dari Kepala Sekolah, Surat Pernyataan Keaslian Karya Lomba, dan Biodata Peserta lomba dengan cara discan dan dikirim dengan format PDF ke agamabudayabnpt@gmail.com.
Waktu Perlombaan
  1. Pengiriman karya dimulai 4 Maret 2020-14 November 2020
  2. Penjurian dilakukan pada tanggal : 17-27 November 2020.
  3. Pengumuman Juara Perlombaan pada bulan Desember 2020.
Untuk informasi lebih lengkap dapat membaca Juknis Lomba Berikut!
Juknis Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK (Unduh)

Mari manfaatkan kegiatan ini sebagai upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran, berkarya, dan sebagai bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan guru. Akhirnya dapat mendukung karier guru. 
Lomba Inovasi pembelajaran Guru Agama

Sekian yang dapat kami bagikan, mari bagikan kepada seluruh guru Pendidikan Agama dan Budi pekerti. Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK 2020"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel