Lomba Model Pemanfaatan Rumah Belajar dan Mobile Edukasi 2020

Disamping menyelanggarakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020, Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) juga menyelenggarakan Lomba Model Pemanfaatan Rumah Belajar dan Mobile Edukasi. Lomba ini bisa diikuti oleh guru yang belum ahli dalam membuat aplikasi berbasis mobile. Lomba ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada guru dan pamong belajar yang memanfaatkan konten rumah belajar dan mobile edukasi dalam proses pembelajaran serta mendiseminasikannya. 

Tujuan Lomba
  1. Memberikan motivasi kepada guru dan pamong belajar untuk memanfaatkan konten pembelajaran berbasis TIK pada website belajar.kemdikbud.go.id atau m-edukasi.kemdikbud.go.id
  2. Memberikan motivasi kepada guru dan pamong belajar akan pentingnya bahan ajar/ media pembelajaran berbasis TIK sebagai salah satu media pembelajaran.
  3. Membangun budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi guru dan pamong belajar melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK
  4. Memperkaya ragam referensi metode belajar dalam pembelajaran
Kriteria Peserta
  1. Peserta merupakan guru pada semua jenjang (SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat)
  2. Peserta merupakan pamong belajar, tutor keaksaraan, dan pendidik paud
  3. Peserta wajib melampirkan/mengupload surat izin untuk mengikuti lomba
  4. Jika peserta lolos ke grandfinal, peserta masih berstatus guru, pamong belajar, tutor keaksaraan atau pendidik paud, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung
  5. Peserta bersifat perorangan
  6. Karya yang diikutkan lomba belum pernah dipublikasikan atau mengikuti lomba yang sejenis
Tahapan Lomba
  1. Peserta mengunduh konten di laman belajar.kemdikbud.go.id atau m-edukasi.kemdikbud.go.id
  2. Peserta menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan konten tersebut (mendokumentasikan aktivitas pembelajaran dalam bentuk foto, video, dan dokumen pembelajaran)
  3. Peserta melaporkan proses penerapan pembelajaran dalam artikel ilmiah sesuai kaidah penulisan karya ilmiah sesuai kaidah selingkung BPMPK
Pendaftaran dan Pengumpulan Karya
Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret  sampai dengan 31 Mei 2020 secara online di m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba-pemanfaatan.

Langkah-langkah Pendaftaran
  1. Peserta mengunjungi website lomba, kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
  2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
  3. Setiap peserta mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan
  4. Peserta diwajibkan untuk: 1) Melengkapi biodata, 2) Mengunggah surat izin mengikuti lomba dari pimpinan/atasan, 3) Mengunggah karya lomba yang diajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya (dalam bentuk file pdf), 4) Mengunggah video aktivitas pembelajaran yang memanfaatkan konten rumah belajar atau m-edukasi
  5. Peserta diizinkan mengupload kelengkapan dukungan untuk pelaksananaan pemanfaatan, berupa RPP, surat keterangan diseminasi, foto dokumentasi kegiatan atau dukungan lain
  6. Kelengkapan biodata dan karya lomba sampai batas akhir waktu pendaftaran
Grandfinal akan diselenggarakan pada Bulan Juni 2020 di Semarang. Nominasi finalis sebanyak 24 orang akan diundang untuk mempresentasikan karyanya. Para finalis akan memperebutkan hadiah sebagai berikut.
Lomba pemanfaatan rumah belajar dan mobile edukasi 2020

Untuk informasi lebih lengkap dapat membaca di https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba-pemanfaatan.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Lomba Model Pemanfaatan Rumah Belajar dan Mobile Edukasi 2020. Mari bagikan ke rekan-rekan guru yang lain. Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

2 Komentar untuk "Lomba Model Pemanfaatan Rumah Belajar dan Mobile Edukasi 2020"

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel