Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) menyelenggarakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020. Karya Aplikasi yang boleh diikutkan dalam lomba ini adalah aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 bertujuan untuk:
  1. memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
  2. memberikan motivasi kepada pelajar, guru, dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
  3. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  4. Membentuk komunitas pengembang untuk memperkaya konten pendidikan di internet.
Dari lomba ini, diharapkan diperoleh 120 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan untuk dijadikan bahan ajar guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
  2. Kategori Guru bertema mata pelajaran
  3. Kategori Umum bertema V-Lab, dan
  4. Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.

Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 Maret 2020 sampai 31 Mei 2020 secara online melalui http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Langkah-Langkah Pendaftaran
  1. Kunjungi website http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba, kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
  2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
  3. Peserta mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan
  4. Peserta diwajibkan: 1) Melengkapi biodata, 2) Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas dan foto diri), 3) Mengupload karya lomba yang diajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya, 4) Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik (contoh video bisa dilihat di web resmi lomba), 5) Upload icon (512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai Smartphone), 6) Peserta memberikan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yang di upload
  5. Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi bisa di perbaharui dan diupload ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran.
Seleksi nominasi akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 selama 14 hari. Seleksi nominasi dilakukan untuk memilih 30 peserta per kategori dengan karya terbaik sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan, selanjutnya diakui sebagai kontributor konten. Kemudian dari 30 peserta tersebut akan diambil 10 besar sebagai finalis yang akan diundang untuk masuk ke babak Grand Final. Peserta yang maju ke babak Grand Final adalah:
  1. 10 peserta ketegori Pelajar
  2. 10 peserta kategori Guru
  3. 10 peserta kategori Umum V-lab
  4. 10 peserta kategori Umum Games Edukasi
Semua finalis akan dihubungi oleh panitia, baik mengunakan email maupun telepon untuk kesediaannya mengikuti acara Grandfinal/Penjurian yang akan diadakan di Semarang.
Demikian yang dapat kami bagikan tentang Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020, untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi website https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

2 Komentar untuk "Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020"

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel