Cara Menjadi Anak yang Berbakti Kepada Orang Tua

Orang tua merupakan orang yang terpenting dalam hidup seorang anak. Hal ini karena orang tualah yang membuat seorang anak hidup dan bertumbuh besar. Setiap orang tua akan selalu berusaha memperlihatkan pengorbanan pada anak-anaknya. Berbagai kebutuhan yang kita perlukan berusaha mereka wujudkan walaupun harus bersusah payah untuk mencari uang.

cara berbakti pada orang tua

Untuk itu, satu-satunya cara yang dapat seorang anak lakukan untuk membalas budi orang tuanya adalah dengan cara berbakti kepadanya. Adapun beberapa cara menjadi anak berbakti sebagai berikut.

1. Membantu Pekerjaan Rumah
Sebagai anak yang berbakti pada orang tua, sebaiknya senantiasa meluangkan waktu untuk membantu segala pekerjaan rumah tangga. Akan lebih baik kalau sahabat memulainya tanpa menunggu perintah.

2. Sopan dan Santun
Sahabat harus selalu menunjukkan sikap sopan dan santun kepada orang tua. Misalnya dengan selalu mengucapkan salam ketika pulang dari bepergian atau selalu mencium tangan kedua orang tua tiap kali hendak pergi ke sekolah.

3. Hindari Perkataan Kasar
Sebagai wujud perilaku berbakti anak pada orang tua, sebaiknya sahabat selalu menjaga tutur kata yang baik serta tidak menyakiti perasaannya. Dengan kata lain, sahabat harus menghindari penggunaan kata-kata kasar di depan orang tua.

4. Merendahkan Diri
Sebaiknya sahabat selalu bersikap rendah diri di hadapan orang tua dan menghargai semua jasa yang telah mereka berikan.

5. Meminta Doa Restu
Ketika hendak melaksanakan sesuatu, sebaiknya sahabat selalu meminta doa restu dari kedua orang tua. Restu dan doa terbaik yang diucapkan oleh orang tua merupakan bekal kesuksesan yang paling ampuh bagi kehidupan kita.

6. Mendahulukan Orang tua dari pada Istri dan Anak
Khusus untuk pria, wajib menuruti ajakan orang tua terlebih dahulu sebelum anak dan istri. Misalnya, dalam waktu yang bersamaan, istri dan orang tua meminta sesuatu hal dan hanya sanggup memenuhi satu ajakan saja.

Maka perilaku sempurna yang harus sahabat lakukan, yakni menuruti ajakan orang tua terlebih dahulu. Namun, hal ini berbeda bagi perempuan yang wajib menuruti ajakan suami terlebih dahulu, barulah kedua orang tuanya. Tetapi tentu juga perlu mempertimbangkan hal logis lainnya, misalnya kondisi darurat.

7. Merawat Kedua Orang tua
Ketika orang tua sedang sakit atau sudah mulai memasuki usia senja, sebaiknya sahabat selalu meluangkan waktu untuk menjaga dan merawat mereka, layaknya yang mereka lakukan ketika kita masih kecil.

8. Memberikan Hadiah
Apabila Sahabat sudah bisa menyisihkan sedikit uang hasil kerja sendiri, sebaiknya sahabat tidak pernah lupa untuk memberikan hadiah kepada orang tua.

Selain itu, wujud rasa berbakti yang dilakukan oleh seorang anak kepada orang tua juga dapat dilakukan dengan memenuhi setiap kebutuhan orang tua, baik dalam hal sandang, pangan, serta papan kalau diperlukan.

Demikianlah 8 cara menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Semoga kita semua selalu dapat berbakti kepada orang tua kita. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Anak yang Berbakti Kepada Orang Tua"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel