Ujian Nasional 2020 Resmi Dibatalkan Akibat Virus Corona

Kabar terbaru, Ujian Nasional tahun 2020 resmi dibatalkan. Hal ini resmi diumumkan Mendikbud melalui surat edarat nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19. 
Surat edaran UN 2020

Langkah ini merupakan langkah tanggap dari Mendikbud untuk melindungi siswa dan guru dari bahaya virus Corona yang saat ini korbannya terus meningkat. Sebelumnya, Mendikbud telah mengeluarkan kebijakan agar siswa belajar di rumah dan guru mengajar dari rumah. Hal ini tentu masih terus berlanjut, hingga penyebaran virus Corona benar-benar bisa diatasi. 

Dengan dibatalkannya UN 2020, maka UN tidak menjadi syarat kelulusan dan tidak menjadi syarat untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Sebagai gantinya, sekolah dapat melaksanakan Ujian Sekolah dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Ujian sekolah dalam bentuk tes tidak boleh mengumpulkan siswa.
  2. Ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portopolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk penilaian daring lainnya.
  3. Ujian sekolah dirancang untuk mendorong pembelajaran aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.
Hal yang sama juga berlaku untuk kriteria kenaikan kelas. 

Sementara itu, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru, Dinas Pendidikan Setempat dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB dengan memperhatikan protokol kesehatan penyebaran virus corona.

Dana BOS dapat digunakan untuk membeli barang yang dapat digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona, seperti alat kebersihan, hand sanitizer, disinfectan, dan masker bagi warga sekolah dan membiayai pembelajaran daring/ jarak jauh.

Untuk lebih lengkap dan jelas dapat membaca surat edaran berikut!


Demikian yang dapat kami bagikan, semoga penyebaran virus corona cepat bisa diputus dan keadaan bisa normal kembali.
Salam.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Ujian Nasional 2020 Resmi Dibatalkan Akibat Virus Corona"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel