Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dan Seleksi Duta Rumah Belajar Tahun 2020

Duta Rumah Belajar

Kabar gembira,
Pada Tahun 2020, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbud kembali menyelenggarakan program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dan Seleksi Duta Rumah Belajar. Program ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi melalui portal Rumah Belajar serta mendukung pengembangan kompetensi TIK guru, Pusat Data dan Teknologi.

Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah guru dari semua jenjang pendidikan yang telah mengajar minimal satu tahun sebagai guru mata pelajaran/ guru kelas. Pendaftaran dilakukan secara mandiri oleh peserta dengan GRATIS melalui aplikasi Simpatik (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan berbasis TIK) pada alamat http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Program ini dikemas dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan TIK dengan level 1 sampai dengan level 4 dan mengacu pada standar kompetensi TIK guru UNESCO. Bimtek level 1, 2 dan 3 diselenggarakan secara daring/online. Peserta yang lulus level 3 memiliki kesempatan mengikuti seleksi Duta Rumah Belajar tahun 2020. Seleksi dalam bentuk bimtek level 4 yang diselenggarakan di setiap provinsi. Peserta terpilih dari level 4 akan dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Tahun 2020.

Khusus untuk pelaksanaan tahun ini, bagi guru yang sudah ikut pada tahun 2019 dan sudah mendapatkan sertifikat level 1, maka tidak boleh mendaftar lagi pada level 1. Namun jangan kawatir, sahabat tetap dapat ikut pada level 2. Namun pendaftarannya akan dibuka setelah level 1 selesai.

Pendaftaran Level 1 dimulai dari tanggal 06 April 2020 s/d 12 April 2020. Pelaksanaan diklat secara daring dimulai tanggal 13 April 2020 s/d 22 April 2020.

Adapun Materi pelatihan pada level 1, yaitu:

  1. Pengenalan Perangkat TIK Dasar
  2. Internet untuk pembelajaran
  3. Internet sehat, bijak dan aman
  4. Aplikasi untuk pembelajaran

Bagi yang ingin belum jelas dan ingin bertanya dapat menghubungi helpdesk rumah belajar di nomor WA: 0822 9803 0100, Telpon :(021) 1500-005 atau Duta Rumah Belajar Tahun 2017, 2018 dan 2019 pada masing-masing Provinsi.

Untuk nama duta masing-masing provinsi dapat dilihat pada file berikut.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru yang dapat diikuti oleh guru secara mandiri.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dan Seleksi Duta Rumah Belajar Tahun 2020"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel